Pedagang akan tempati Pasar Pagi Sabang kembali

Pasar Pagi Sabang. (Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Para pedagang yang sebelumnya direlokasi ke kawasan Pujasera Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Sabang akan dipindahkan kembali ke Pasar Pagi yang terletak di Jalan Perdagangan Sabang.

Kepala Dinas Disperindagkop dan UKM Kota Sabang melalui Sekretaris Disperindagkop, Fakri, mengatakan saat ini pembangunan pasar baru tersebut sudah rampung, namun tidak bisa langsung dipindahkan karena ada tahapan proses yang harus dilakukan.

“Pedagang yang akan menempati pasar pagi yang sudah mendaftarkan diri  mencapai seratus lebih, jadi pedagang yang sudah lama akan diprioritaskan. Selanjutnya jika masih ada tempat, baru diberikan kepada  pedagang yang baru,” ujarnya kepada Kanalaceh.com, Jumat (15/4).

Terkait dengan hal tersebut, kata Fakri, pihaknya juga telah mendata ulang jumlah pedagang di pasar Pujasera agar dapat menempati lokasi pasar pagi yang telah direnovasi dan tidak terjadi perebutan tempat berjualan.

“Pendataan kembali para pedagang itu dilakukan untuk  mengantisipasi jangan sampai ada pedagang yang mengambil lapak tapi disewakan ke pedagang yang lain,” kata Fakri.

Lebih lanjut dikatakan, dalam rangka relokasi kembali para pedagang tersebut, pihaknya tahun ini sudah menyediakan dana sehingga tidak menyulitkan para pedagang untuk pindah dari lokasi Pujasera ke kawasan Pasar Pagi Sabang.

Pedagang yang menempati lokasi pagi nantinya akan dikenakan biaya sesuai dengan Qanun Retribusi Pasar baik itu yang berada di dalam pasar ataupun yang di luar pasar. Besarnya biaya tergantung dari luas lapak yang ditempati.

“Besaran biaya retribusi akan kita hitung di lapangan, tergantung seberapa luas lapak yang ditempati oleh pedagang,” ujarnya.

Ia berharap setelah pasar tertata dengan baik tidak semrawut seperti dulu lagi akan memudahkan para konsumen untuk berbelanja.

“Bagi para pedagang agar bisa menjaga kebersihan pasar itu sendiri,” ujarnya. [Diki Arjuna]

Related posts