10 cara memanjangkan rambut untuk tampil anggun dan cantik

Ilustrasi. (Shutterstock)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Rambut panjang yang terlihat cantik dan sehat merupakan kebanggaan bagi perempuan. Sayangnya menjaganya dari masalah rambut, seperti rambut rontok parah, bukanlah pekerjaan yang mudah.

Karena sibuk, stres, dan polusi, rambut panjang terkadang sulit dimiliki. Jika bermimpi memiliki rambut panjang nan indah seperti penyanyi Raisa atau Dian Sastrowardoyo, berikut beberapa cara menumbuhkan rambut dengan cepat.

  1. Minyak Esensial bagi Rambut

Nutrisi yang tepat tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh, tapi juga berperan penting bagi kecantikan rambut. Salah satu cara menumbuhkan rambut secara alami adalah mengaplikasikan minyak esensial ke kulit kepala. Tidak hanya menguatkan akar rambut, tapi juga membantu pertumbuhan rambut yang kuat dan panjang.

  1. Rutin Memijat Kepala

Memijat merupakan salah satu tips perawatan rambut sederhana dan paling menenangkan. Selain itu, sirkulasi darah yang membawa nutrisi ke kulit kepala juga semakin lancar. Gunakan minyak kelapa, minyak almond, atau minyak lavender untuk membantu pertumbuhan rambut.

  1. Keramas dengan Perlahan

Waktu keramas seharusnya menjadi masa yang dinikmati, karena memberikan efek rileksasi. Tapi karena keterbatasan waktu, kamu tidak punya banyak waktu untuk mencuci rambut. Sebagai salah satu cara alami memanjangkan rambut, cukup gosokkan shampo pada kulit kepala, dan biarkan busanya turun hingga ujung rambut.

  1. Gunakan Kondisioner Setiap Keramas

Kondisioner adalah kunci menjaga rambut panjang tetap indah dan sehat. Gunakan kondisioner sebagai cara cepat memanjangkan rambut, dengan mengunci kelembapan di akar rambut, mencegah kering, dan memberikan perlindungan dari polusi. Selain itu juga mengamankan kutikula rambut untuk mencegah kerusakan rambut lebih lanjut.

  1. Bilas dengan Air Dingin

Mandi dengan air hangat memang memberikan efek rileksasi bagi tubuh. Tapi tetap gunakan air dingin untuk membantu menutup kutikula dan memperkuat akar rambut. Selain menjadi cara memanjangkan rambut dengan alami, juga menjaga kondisi rambut tetap sehat.

  1. Keringkan Rambut dengan Lembut

Mengeringkan rambut secara kasar dengan menggunakan handuk dapat mengakibatkan rambut kusut, rambut bercabang, bahkan rambut rontok parah. Pilih handuk lembut atau t-shirt lama untuk ditepuk-tepukkan pada rambut, lalu biarkan kering secara alami.

  1. Hindari Menyisir Rambut Basah

Rambut basah cenderung lebih lemah dan lebih mudah mengalami kerusakan, dibandingkan dengan rambut kering. Jadi hindari menyisir rambut yang masih basah, sebagai salah satu cara menghindari penyebab rambut rontok dan panjang rambut yang tidak banyak berubah. Jika ingin mencegah kusut, gunakan jari-jari, dan urai dengan perlahan.

  1. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Setelah rambut kering, mulailah menyisir rambut dari akar hingga ujung rambut secara bertahap. Menarik rambut terus-menerus dan sembarangan akan menyebabkan kerusakan fisik pada rambut. Lebih baik gunakan sisir bergigi jarang atau sikat berbulu halus, yang akan mencegah rambut rontok parah dan cara alami memanjangkan rambut.

  1. Sisir Rambut Secara Rutin

Sikat atau sisir rambut dua kali sehari, terutama sebelum tidur, agar memastikan sirkulasi darah ke kulit kepala berjalan lancar. Cara memanjangkan rambut dengan cepat ini terkenal cukup efektif, karena rambut tumbuh paling cepat saat sedang tidur.

  1. Hindari Tatanan Rambut Ketat

Gaya rambut ponytail dan sanggul yang terlihat sleek dan chic memang sedang booming. Tapi gaya rambut yang ketat menyebabkan stres pada akar, dan gesekan antara helai rambut. Akibatnya berisiko mengalami rambut bercabang dan akan menghalangi pertumbuhan rambut. Coba deh model rambut yang berbeda dan longgar, atau batasi penggunaan tali rambut, yang juga menjadi penyebab rambut rontok parah.

Gunakan beberapa tips di atas sebagai cara cepat memanjangkan rambut, sekaligus melindungi rambut dari kerusakan. [Merdeka]

Related posts