Mapala STAIN Malikussaleh peringati Hari Bumi

Mapala STAIN Malikussaleh peringati Hari Bumi. (Ist)

Lhokseumawe  (KANALACEH.COM) – Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (UKM PA) Jipala STAIN Malikussaleh memperingati Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April di daerah setempat, Jumat (22/4).

Ketua UKM PA Jipala, Samsul Rizal mengatakan pihaknya memperingati Hari Bumi sebagai bentuk apresiasi terhadap bumi.

“Sayangnya kondisi saat ini yang cukup memperihatinkan. Berbagai masalah dan kerusakan timbul di mana-mana akibat ulah tangan dan sikap manusia yang seharusnya menjaga dan melestarikan bumi untuk generasi mendatang,” ujarnya.

Apalagi, kata Samsul, saat ini kerusakan bumi akibat ulah manusia sudah sangat parah. Penebangan hutan di mana-mana, eksploitasi yang terus meningkat, alih fungsi lahan dan aktivitas tambang yang terus menerus terjadi.

“Kerusakan bumi sangat berpengaruh langsung terhadap kondisi manusia, karena itu kita harus menjaganya, dimulai dari pribadi seperti jangan buang sampah sembarangan, persempit daya guna kantong plastik, gunakan listrik dan air secukupnya,” kata Samsul.

Ia juga meminta ketegasan dari pemerintah, khususnya dinas kehutanan dalam upaya melestarikan hutan. “Seharusnya Pemerintah peran aktif dalam melestarikan hutan dan laut untuk keberlangsungan ekosistem hutan itu sendiri. Ini perlu kerja sama agar hutan aceh tetap lestari dan dapat dinikmati anak cucu kita nantinya,” harapnya. [Rajali Samidan]

Related posts