Sabang Marine festival 2016 resmi dibuka

Sabang Marine festival 2016 resmi dibuka

Sabang (KANALACEH.COM) Sabang Marine Festival II tahun 2016, secara resmi telah dibuka oleh Staf Khusus Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dwisuryo Indroyono Soesilo, Selasa (26/4) sore.

Serimoni pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan menabuh Rapa’i yaitu alat musik khas Aceh, oleh Dwisuryo Indroyono Soesilo, Kepala BPKS Fauzi Husin dan Sekda Aceh Dermawan yang berlangsung di Arena Sabang Fair.

Aneka atraksi Wind Surving dan Para Layang turut menghiasi Pembukaan Sabang Marine Festival 2016 yang diikuti oleh 16 Yacht yang terdiri dari 29 orang dari 6 Negara seperti USA, Jerman, Autralia, British, Afrika Selatan, Swiss dan Malaysia.

Kini ke-16 kapal yang berada di teluk Sabang diantaranya, Morning Star (USA), Mariposa (Jerman), Bernacle C (British), Thorfinn (Australia), Swift (British), Jenain (Afrika Selatan), Aku Ankka (USA), SY. Spailpin (Malaysia), ZOA (Australia), Calypso (Afrika Selatan), Dream Dancer (Australia), EN Pointe (USA), Cest Le Vent (Malaysia), Storm (British), SY MANTA (British) dan SY Shadowfax (USA).

Dalam sambutannya. Staf Khusus Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dwisuryo Indroyono Soesilo menyebutkan  ada tiga kebijakan penting yang perlu diimplemantasi secara bersama-sama untuk meningkatkan kunjungan wisata khususnya tamu wisata yang masuk via jalur laut di Indonesia.

Kebijakan baru itu adalah, pemerintah membebaskan visa masuk bagi 169 negara. Dimana wisatawan bisa langsung masuk ke Indonesia.
Selanjutnya, mempermudah izin masuk kapal-kapal layar (Yacht) ke Sabang, dimana untuk masuk ke Sabang mereka hanya memerlukan izin dari QICP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai serta Syahbandar).

“Kabarnya pelayanan QICP di Sabang dilaporkan sangat cepat, kurang dari 2 jam sudah selesai. Begitu juga dengan kemudahan masuknya kapal pesiar (cruise), ini menunjukan kinerja luar biasa dan professional.

Saya yakin dengan kinerja seperti itu maka, dapat meningkatkan angka kunjungan wisata ke Indonesia, khususnya Sabang dalam membangkitkan kembali kejayaan Sabang masa lalu,” katanya.
Selain itu, dirinya juga mengapresiasi penyelenggaraan Sabang Marine Festival sebagai angenda tahunan yang akan berlangsung secara kontinyu. Dirinya juga memastikan pada tahun depan Kementrian Pariwisata RI juga akan mendukung kegiatan ini agar dapat kembali dilaksanakan.

“Sabang Marine Festival 2016 ini kita harapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan Mancanegara ke Sabang, hingga program pemerintah di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat terwujud, sekaligus memiliki dampak ekonomi yang signifikan pada masyarakat Sabang,” harapnya.

Namun, untuk kembali memeriahkan event Sabang Marine Festival pada tahun selanjutnya, Indroyono berharap kedepan kapal-kapal ini bisa datang lebih banyak lagi.

“Mungkin untuk pelaksanaan tahun depan, kita harus mempersiapkan mulai tahun ini. Sehingga dapat memberikan persiapan yang matang bagi peserta Sabang Marine Festival,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPKS, Fauzi Husin dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan idalam rangka mempromosikan wisata bahari kepada wisatawan Mancanegara khususnya kepada para komunitas yacht dunia.

Kegiatan ini sangat efektif dalam rangka mempromosikan potensi wisata yang ada di Sabang ini. Dimana jika melihat dari pelaksanaan Sabang Marine Festival tahun 2015 lalu, maka pada tahun ini peserta yang hadir naik secara signifikan.

“Tahun lalu ada sekitar 7-8 yacht, tahun ini 16 yacht dan kami perkirakan masih ada juga  yach yang menyusul. Event Ini telah menunjukkan antusias mereka sangat tinggi untuk datang ke Sabang.

Terlebih lagi telah diberikan beberapa kebebasan visa on arival (VOA) dan kemudahan perizinan lainya, saya meyakini Sabang bisa lebih sering dikunjungi yacht dan cruise,” ujarnya.

Harapan serupa juga dikatakan Gubernur Aceh yang diwakili Sekda Provinsi Aceh Drs Dermawan MM bahwa acara Sabang Marine Festival ini sudah dua kali di laksanakan sejak tahun 2015 lalu telah memberikan dampak positif dan sangat luar biasa.
Meski baru dua kali dilaksanakan, tetapi kegiatan ini sudah di kenal dan dinanti oleh para Yachter dimanca Negara, dan hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah yacht yang ikut serta dalam Sabang Marine Festival 2016 ini dibandingkan dengan tahun 2015 lalu.

“Ini menunjukan keberhasilan kita dalam hal ini BPKS selaku panitia SMF 2016 yang telah membantu mempromosikan Pariwisata khususnya Sabang ke dunia Internasional dan kita berharap pada tahun 2017 mendatang jumlah kunjungan yacht ke Sabang akan terus meningkat,” Tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sabang Marine Festival menyebutkan, kegiatan Sabang Marine Festival akan dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti Fun Bike dan jalan santai, lomba melukis, lomba pameran dan foto, serta aneka perlombaan rakyat seperti mancing, dayung, permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang panjat pinang, dan bawa kelereng-red).
“Semua kegiatan ini akan dilaksanakan sejak tanggal 24-30 April mendatang. Kita harapkan para peserta dari luar negeri ini dapat berbaur dengan masyarakat untuk mengikuti lomba-lomba rakyat yang kita laksanakan,” harapnya.  [Diki Arjuna]

Related posts