BPKS buka peluang Pelabuhan Marina kepada pengusaha

Logo Sabang Marine Festival. (Ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) membuka peluang kepada dunia usaha agar dapat memanfaatkan peluang yang ada di Sabang. Salah satunya dengan pengelolaan Pelabuhan Marina yang berada di kawasan Lhok Weng, Iboih, Sabang.

Dalam kegiata itu juga tampak hadir Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal, para Deputi BPKS masing-masing Deputi Umum, Chandra Hasan, Deputi Tekbang, Fajri Sulaiman, Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan, Kapolres Sabang, AKBP Nurmeininggsih, QICP dan Ketua Panita Sabang Marine Festival II 2016, Fauzi Daud.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal mengatakan BPKS tengah melakukan pengembangan Pelabuhan Marina yang terletak di Lhok Weng, sejak beberapa tahun terakhir.

Pihaknya akan terus berusahaan melengkapi fasilitas pendukung seperti infrastuktur jalan, air bersih, listrik, restoran dan fasilitas lainya selama beberapa tahun kedepan. Sehingga palabuhan marina itu benar-benar dapat dimanfaatkan.

” Sudah dua tahun kami mengembangkan pelabuhan marina Lhok Weng, Iboih. Untuk itu kami juga mengundang investor untuk dapat mengelolanya,” ujar Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal  kepada Kanalaceh.com saat kegiatan parade kapal yacht yang berlangsung di Pelabuhan Marina Lhok Weng, Iboih, dalam rangka kegiatan Sabang Marine Festival II 2016, Rabu (27/4).

Mengingat pihak BPKS masih terus berusaha untuk melakukan pengembangan Pelabuhan Marina Lhok Weng, ia kembali mengajak peserta Sabang Marine Festival II 2016 untuk dapat memberikan masukan dalam rangka melengkapi fasilitas.

Irwan meminta masukan kepada para peserta Sabang Marine Festival, agar pelaksanaan Sabang Marine Festival III 2017  kedepan pelaksanaan lebih meriah lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Sabang Marine Festival II 2016, Fauzi Daud di Dermaga Lhok Weng, Iboih.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak para peserta agar dapat mempromosikan Sabang kepada komunitas yacht dunia, termasuk mengenai kemudahan regulasi yang didapati ketika singgah di Pulau Weh.

“Ke depan kami berharap dapat memperkenalkan Sabang ke komunitas yacht, termasuk kemudahan perizinan QICP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai serta Syahbandar),” ucapnya.

Dalam parade yacht yang berlangsung di Pelabuhan Marina Lhok Weng, Iboih turut dimemeriahkan dengan tarian kolosal dari Sanggar tari di kota Sabang, juga diisi oleh berbagai kegiatan lainya seperti atraksi para motor dan wind surfing.

Sebagaimana diketahui, Sabang Marine Festival II 2016, diikuti oleh 16 kapal tersebut, yakni Morning Star (Amerika Serikat), Mariposa (Jerman), Bernacle C (Inggris), Thorfinn (Australia), Swift (Inggris), Jenain (Afrika Selatan), Aku Ankka (Amerika Serikat), SY. Spailpin (Malaysia), ZOA (Australia), Calypso (Afrika Selatan), Dream Dancer (Australia), EN Pointe (Amerika Serikat), Cest Le Vent (Malaysia), Storm (Inggris), SY MANTA (Inggris) dan SY Shadowfax (Amerika Serikat).

Kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kegiatan aneka perlombaan rakyat seperti memancing, dayung, permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang panjat pinang, dan bawa kelereng).

Selain itu, para peserta juga akan melaksanakan tour ke sekolah-sekolah yang ada di Sabang dan juga akan tour ke Banda Aceh untuk mengunjungi situs-situs tsunami.

Sebelumnya, Nahkoda Kapal Layar Calypso, Paul Von Wiese yang merupakan peserta Sabang Marine Festival 2016 mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BPKS, di mana proses checking QICP di Pelabuhan Sabang diklaim tercepat di Indonesia.

” Proses sangat bagus, sangat praktis tidak makan waktu. Dua tahun yang lalu kita perlu lima hari untuk checking, sekarang sangat cepat,” kata Paul Von Wiese.

Ia juga memberikan apresiasi tentang kepastian regulasi yang diterapkan oleh Tim QICP di Pelabuhan Sabang. Karena mereka merasa bahwa tim tersebut benar-benar profesional dalam memberikan pelayanan.

“Tidak ada kutipan yang tak jelas. Dengan cara seperti ini pasti akan banyak yang datang,” sebutnya. [Diki Arjuna]

Related posts