Orang tua harus aktif membimbing anak

Asisten Administrasi Umum, Syahrul saat menyerhakan hadiah kepada anak-anak TK dalam acara Perpisahan Anak TK/PAUD Bhakti Pertiwi, Kamis (28/4). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan mengajak para orang tua agar turut aktif membimbing dan melindungi anak-anak meskipun mereka telah mendapat bimbingan di sekolah.

“Kita pasti tidak mau membiarkan anak kita melakukan sesuatu secara sembarangan, setiap saat mereka butuh pengawalan dan bimbingan kita,” kata Dermawan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Syahrul saat memberikan sambutan pada acara acara Perpisahan Anak TK/PAUD Bhakti Pertiwi, Kamis (28/4).

Ia menjelaskan bahwa ungkapan tidak over protective kepada anak merupakan pendangan orang-orang barat yang tidak seharusnya diikuti oleh masyarakat dari timur.

Sebagai masyarakat yang menganut agama Islam, kata Syahrul, tentunya sudah diajarkan bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak dan melindungi mereka dari berbagai macam pengaruh lingkungan.

Dalam mendidik anak, kata Syahrul, Nabi Muhammad sendiri telah mengajarkan kepada umat Islam tata cara mendidik anak mulai dari dalam kandungan.

“kita harus membiasakan mereka hidup teratur dan disiplin agar ketika dewasa mereka mawas diri dan tidak mudah terjerumus dalam masalah,” katanya.

Kepada orang tua, ia berpesan agar tidak hanya mengajarkan, tapi juga harus dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. “Orang tua harus menjadi cerminan bagi anak. Kalau mau mereka berdisiplin kita juga harus berdisiplin.”

Kepala Sekolah TK Pertiwi, Fitriani menyampaikan terima kasih kepada dewan guru yang telah berhasil mendidik anak-anak murid sehingga mereka tumbuh cerdas. Keberhasilan itu menurutnya tidak lepas dari peran orang tua di rumah.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, kata Fitriani, para guru dituntut untuk melakukan langkah-langkah berani dalam melakukan inovasi serta melakukan perubahan-perubahan yang positif.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Yayasan TK Pertiwi juga berpesan kepada orang tua murid untuk memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada anak agar mereka tidak mencari kasih sayang di tempat lain. Selain itu, orangtua juga harus dapat mengawasi setiap kegiatan anak dan menjaga lingkungan mereka.

Acara perpisahan tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan tarian ranup lampuan, atraksi drum band, pidato empat bahasa yang ditampilkan oleh murid-murid TK Pertiwi serta penyerahan hadiah kepada anak-anak yang berprestasi. [Sammy/rel]

Related posts