Empat tuntutan mahasiswa terkait pendidikan Aceh

Aksi demonstrasi di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Senin (2/5). Sebelumnya, massa melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Dinas Pendidikan Aceh (Kanal Aceh/ Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam beberapa organisasi mahasiswa melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Dinas Pendidikan Aceh, Banda Aceh, Senin (2/5).

Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Organisasi yang dimaksud yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (BEM Unsyiah), BEM FKIP Unsyiah, BEM Poltekes Aceh, dan BEM STIES Sabang.

Koordinator aksi, Fachra Murharyanda mengatakan, dalam aksi tersebut, pihaknya menuntut empat hal kepada Dinas Pendidikan Aceh.

“Pertama, bebaskan Aceh dari keterpurukan pendidikan di Indonesia. Dengan dana otsus yang besar, namun pendidikan Aceh masih mengalami keterpurukan,” tuturnya.

Kedua, ia menuntut agar Dinas Pendidikan Aceh menuntaskan permasalahan pemerataan pendidikan di Aceh. Ketiga agar mengalokasikan anggaran pendidikan yang lebih besar.

“Dan terakhir kami meminta kinerja penjabat di lingkungan dinas pendidikan itu dievaluasi,” ujarnya.

Setelah berorasi di depan kantor Dinas Pendidikan Aceh, massa melanjutkan aksi demonstrasi di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh. [Fahzian Aldevan]

Related posts