Gubernur Aceh launching Sensus Ekonomi 2016

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menerima kunjungan Kepala BPS Aceh, Hermanto di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Minggu (1/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah secara resmi melakukan launching Sensus Ekonomi (SE) 2016 di Pendopo Gubernur Aceh, Minggu (1/5). Sensus tersebut secara resmi dimulai setelah Zaini menjadi responden pertama SE 2016.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Hermanto mengatakan BPS akan melakukan sensus selama satu bulan ke depan secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Aceh oleh petugas BPS Aceh dan petugas BPS di kabupaten/kota.

“Kita sudah menyebarkan 5.604 petugas sensus untuk mengumpulkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, mulai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga pelaku usaha besar, seperti perusahaan,” kata Hermanto.

Sensus ini, kata Hermanto dilakukan untuk mengetahui kondisi perekonomian di seluruh Indonesia, termasuk Aceh sehingga nantinya menjadi landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan.

Zaini Abdullah berpesan kepada petugas sensus agar bekerja maksimal dan mengedepankan kejujuran dalam menjalankan tugas sehingga data yang didapatkan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Ia juga mengajak seluruh masyarkat untuk bersama-sama menyukseskan SE 2016 yang akan dilakukan selama satu bulan ke depan.

“Kita harap seluruh masyarakat membantu petugas sensus di lapangan dengan memberikan informasi yang benar,”  ujar Zaini. [Sammy/rel]

Related posts