Zaini sebut anggaran desa 2015 telah disalurkan

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar saat bersilaturahmi dengan keuchik atau kepala desa se-Aceh Besar dan Aceh Jaya di Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa (3/5). (Suhaimi Tripa)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyebutkan anggaran desa tahun 2015 telah disalurkan sejumlah Rp1,69 triliun dari dana yang dialokasikan atau sekitar 96,16 persen.

Hal itu disampaikan Zaini Abdullah di hadapan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar saat bersilaturahmi dengan keuchik atau kepala desa se-Aceh Besar dan Aceh Jaya di Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa (3/5).

“Penggunaan anggaran itu telah dimanfaatkan, pertama untuk penguatan pemerintahan desa sebesar Rp97,1 miliar atau sekitar 5,73 persen,” sebutnya.

Kedua, untuk pembangunan desa sebesar Rp1,37 triliun atau sebesar 81,09 persen, dan ketiga pemberdayaan masyarakat sebesar Rp90,6 miliar atau sekitar 5,35 persen.

“Serta yang keempat adalah kegiatan pembinaan kemasyarakatan desa sebesar Rp67,6 miliar (sekitar 3,99 persen),” ujar Zaini.

Sementara untuk tahun 2016, alokasi dana desa di Aceh sebesar Rp3,8 triliun. Ini telah disalurkan melalui Rekening Kas Umum Negara kepada Rekening Kas Umum Daerah di 14 kabupaten/kota sebesar 40 persen dari total anggaran atau sekitar Rp1,55 triliun.

“Untuk sembilan kabupaten/kota lainnya akan masih menunggu selesainya dokumen usulan pencairan. Tak lama lagi dana ini juga akan ditransfer,” tutur Zaini. [Aidil Saputra]

Related posts