Luca Toni putuskan pensiun

Luca Toni. (Getty Images)

Verona (KANALACEH.COM) – Eks penyerang tim nasional Italia yang kini merumput bersama Hellas Verona, Luca Toni, memutuskan pensiun. Laga akhir pekan ini akan jadi laga terakhirnya.

Keputusan Toni untuk pensiun tak terlepas dari faktor usia. Kini dia sudah 38 tahun dan akhir bulan nanti tepatnya pada 28 Mei, usianya akan bertambah.

Memulai karier profesionalnya di Modena, Toni sudah malang melintang di berbagai klub. Verona adalah klub ke-16 dalam perjalanan karier pemain jangkung ini.

Memperkuat Bayern Munich adalah salah satu titik puncaknya di level klub. Dia mencetak 58 gol dan 25 assist dalam 89 penampilan, meraih dua gelar Liga Jerman dan sepasang trofi DFB-Pokal. Selain Bayern, dia juga pernah memperkuat Juventus, AS Roma, Fiorentina, dan juga Al Nasr.

Toni juga merupakan salah satu bagian tim Italia yang memenangi Piala Dunia 2006 di Jerman. Total dia punya 47 caps bersama Gli Azzurri dan mencetak 16 gol.

Musim lalu dia tampil tajam dan mencetak 22 gol dalam 38 laga di Serie A, mengantarkannya menjadi pencetak gol terbanyak bersama penyerang Inter Milan Mauro Icardi. Itu sekaligus menjadikannya pemain tertua yang menyandang gelar top skorer.

Setelah 21 tahun berkiprah di kancah profesional, Toni memutuskan gantung sepatu. Laga kandang melawan Juventus akhir pekan ini akan jadi laga terakhirnya.

“Setelah beberapa waktu berpikir dan bertahun-tahun bermain sepakbola, saya telah memutuskan bahwa Minggu nanti akan menjadi laga terakhir saya sebagai seorang pemain profesional,” kata Toni dikutip Football Italia.

“Saya agak emosional, ini adalah keputusan yang sulit dan menyakitkan. Tapi saya sudah mencapai akhir masa bermain saya.”

“Saya sudah memikirkannya untuk beberapa pekan, bukan pekan-pekan yang mudah. Di Bentegodi melawan Juventus akan menjadi pertandingan terakhir saya,” tandasnya.

Musim ini Toni agak kesulitan dan baru mencetak lima gol dalam 15 penampilan di liga. Verona juga sudah dipastikan terdegradasi ke Serie B. [Detik]

Related posts