Ribuan penumpang padati Pelabuhan Balohan

Penumpang yang antre di Pelabuhan Balohan Sabang, Sabtu (7/5). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Ribuan penumpang kapal terlihat memadati Pelabuhan Balohan, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Sabtu (7/5). Ramainya penumpang ini membuat pihak Pelabuhan Balohan, menambah jadwal keberangkatan kapal dari Balohan, Sabang ke Ulee Lheue, Banda Aceh.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang, Irawadi mengatakan, untuk  mengatasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Balohan, frekuensi keberangkatan kapal penyeberangan ditambah, baik kapal feri (roro) yang dikelola ASDP maupun kapal cepat.

Selain jadwal reguler, pihaknya juga menambah jadwal pelayaran, di mana hari ini kapal cepat berlayar melayani penumpang sampai 6 kali.

“Begitu juga jadwal keberangkatan kapal feri (roro) yang biasanya pada hari Sabtu hanya berlayar tiga kali menjadi lima kali dengan mengerahkan tiga kapal penyeberangan,” kata Irawandi kepada Kanalaceh.com, Sabtu (7/5).

Lebih lanjut dikatakan Irawadi, begitu juga untuk mengantisipasi kemacetan menuju tempat wisata di Sabang, pihaknya memberlakukan sistem buka tutup jalan terutama menuju kawasan Kilometer Nol.

“Untuk mengatasi lonjakan penumpang Pelabuhan Balohan-Pelabuhan Ulhe Lheue akan ada penambahan  kapal cepat dan rencananya besok langsung beroperasi melayani penumpang itu yang akan diresmikan oleh Gubernur Aceh,” kata Irawadi.

Kepala UPTD Balohan, Abdurani mengatakan, lonjakan arus balik penumpang dari Pelabuhan Balohan menuju Pelabuhan Ulee Lheue terjadi pada hari ini dan besok, di mana jumlah penumpang mencapai 3.000 orang dan sampai tadi pagi tiket sudah terjual sekitar 1.500 lembar.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang tersebut dilakukan penambahan jadwal keberangkatan kapal penyeberangan dari jadwal biasanya, yaitu kapal cepat berangkat dari Pelabuhan Balohan, trip pertama berangkat sekitar pukul 08.00 WIB, pukul 09.00 WIB, pukul 11.00 WIB, pukul 13.00 WIB, pukul 15.30 WIB dan pukul 16.00 WIB.

“Untuk kapal feri ( Roro) yang dikelola ASDP hari ini berlayar 5 kali dengan mengerahkan tiga kapal penyeberangan dari Pelabuhan Balohan, yaitu berangkat sekitar pukul 06.00 WIB Kapal KMP Papuyu, pukul 08.00 WIB Kapal KMP Tanjung Burang, Pukul 11.00 WIB Kapal KMP BRR dan Pukul 16.00 WIB kapal KMP BRR,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk kenyamanan para penumpang, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, baik itu dari sistem antrean di loket dan pelayanan kesehatan dari dinas kesehatan yang menyiapkan beberapa petugasnya di pelabuhan.

Untuk keamanan di Pelabuhan Balohan, pihaknya dibantu sejumlah petugas Satpol PP, sementara itu untuk mengatur kelancaran lalu lintas dikerahkan puluhan petugas LLAJ Dinas Perhubungan. [Diki Arjuna]

Related posts