1.990 peserta SNMPTN diterima di Unsyiah

1.990 peserta SNMPTN diterima di Unsyiah
Logo Unsyiah (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dari 16.950 peserta yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), sebanyak 1.990 peserta dinyatakan lulus di kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh ini.

Kepala Humas SNMPTN Unsyiah, Ilham Maulana mengatakan kepastian itu diperoleh setelah pengumuman hasil SNMPTN secara nasional, Senin (9/5) kemarin.

Ilham menyebutkan bahwa jumlah kelulusan terbesar berasal dari Provinsi Aceh, yaitu sebanyak 1.785 orang, atau sebesar 89,7 persen dari total peserta yang lulus.

Sedangkan dari luar Aceh, porsi terbanyak berturut-turut, yaitu Sumatera Utara dengan presentase 7,8 persen. Untuk Sumatera Barat dengan presentase 1,7 persen dan Riau berjumlah 0,3 persen.

“Sejak mekanisme penyaringan SNMPTN diberlakukan, kelulusan peserta yang berasal dari Aceh ke Unsyiah selalu mendominasi,” kata Ilham, Selasa (10/5).

Lanjutnya, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus mengikuti beberapa tahapan penting di Unsyiah sebelum secara resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Unsyiah.

Tahapan penting tersebut berupa verifikasi data akademik yang telah diunduh pada saat pendaftaran SNMPTN 2016.

“Proses verifikasi dimulai pada 12 Mei 2016, dengan penyerahan rapor dan semua dokumen asli kepada panitia di Gedung AAC Unsyiah. Penyerahan dokumen ini dapat diwakilkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, nama-nama yang lulus dan semua informasi tentang verifikasi ini dapat diperoleh di laman www.pmb.unsyiah.ac.id.

Selanjutnya, mereka yang dinyatakan lulus verifikasi dan juga yang dinyatakan lulus setelah klarifikasi masih harus mengikuti sosialisasi dan pengarahan proses pendaftaran ulang di Unsyiah pada tanggal 31 Mei 2016. Ketidakhadiran pada tanggal tersebut akan menggugurkan status kelulusan SNMPTN.

“Sedangkan calon peserta yang dinyatakan tidak lulus verifikasi akan diberi kesempatan untuk melakukan klarifikasi pada tanggal 17-18 Mei 2016,” katanya.

Dikatakan Ilham, saat ini juga sedang berlangsung proses pendaftaran online jalur test tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ujian tulis SBMPTN dilakukan pada 31 Mei 2016. Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id hingga tanggal 20 Mei 2016, pukul 22.00 WIB. [Aidil Saputra]

Related posts