Jelang Ramadan, Pemko Banda Aceh akan gelar pasar murah

Ilustrasi pasar murah. (Viva)

Banda Aceh (KANALACEH) – Dalam rangka mengendalikan harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadan, Pemko Banda Aceh melalui Disperindag dan UKM Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Disperindag provinsi dan Bulog Divisi Regional I Aceh akan menggelar pasar murah.

Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang juga Kabag Ekonomi Setdakota Banda Aceh, Arie Maula Kafka mengatakan, program ini telah dibahas bersama TPID Kota Banda Aceh dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua I TPID Kota Banda Aceh, Gusmeri beberapa hari yang lalu.

“Saat rapat dipimpin Pak Gusmeri, ikut hadir Kabulog Divre Aceh Ahmad Ma’mun, Deputi Kepala Perwakilan BI Aceh Handoko dari BI dan Pak SA Taufik dari BPS Kota. Dalam rapat diputuskan akan ada pasar murah jelang Ramadan nanti,” ungkap Arie di Banda Aceh, Kamis (12/5).

Saat rapat berlangsung, Handoko mengatakan beberapa bahan pokok cendrung naik jelang puasa Ramadan dalam tiga tahun terakhir.

Ada lima jenis barang pokok penyumbang inflasi terutama saat memasuki bulan Ramadan, yakni, daging ayam ras, udang basah, ikan kembung dan telur ayam ras.

Selain menggelar pasar murah, TPID Kota Banda Aceh juga akan menggelar operasi pasar beras murni.

Kepala Perum Bulog Kadivre Aceh, Ahmad Ma’mun mengatakan operasi ini dilakukan sebagai upaya menekan harga beras di pasaran dengan harapan ketika harga beras lebih murah, masyarakat dapat menyisihkan uangnya untuk membelanjakan kebutuhan pokok yang lain.

TPID Kota Banda Aceh pada pertengahan Mei nanti juga akan kembali mendistribusikan raskin kepada 6160 rumah tangga sasaran untuk jatah tiga bulan.

Selain itu, TPID Kota Banda Aceh juga mengimbau masyarakat agar dapat berhemat dan tidak panik memborong sejumlah bahan pokok dalam jumlah banyak, sehingga tidak terjadinya kenaikan harga barang. [Fahzian Aldevan]

Related posts