Pangdam IM: Aceh Utara salah satu lumbung padi terpenting

Penanaman padi perdana di lahan sawah hasil cetak baru di Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara, Kamis (12/5). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda, Mayjen TNI L Rudy Polandi menyatakan, selain indus­tri, Aceh Utara merupakan salah satu lumbung padi terpenting di Provinsi Aceh. Sejak dulu, Aceh Utara menjadi faktor penentu ketahanan pangan di Aceh.

Hal itu disampaikan Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI L Rudy Polandi pada acara penanaman padi perdana secara serentak perluasan lahan sawah cetak baru Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara jajaran Korem 011/Lilawangsa dalam pen­canangan program Ketahanan Pa­ngan Tingkat Provinsi Aceh di Desa Blang Aman Jaya, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (12/5).

Ia menambahkan, setelah pemekaran daerah menjadi dua kabupaten dan satu kota, Aceh Utara yang memiliki luas areal persa­wahan 45.000 hektare semakin menunjukkan keunggulannya di sektor pertanian.

Dengan program ketahanan pangan ini, akan ada penambahan lahan pertanian seluas 2.000 ha “Dengan demikian, Aceh Utara akan mengelola lahan persawahan seluas 47.000 ha,” ujar Rudy.

Ketahanan pangan yang secara nasional sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo, kata Rudy, bukanlah merupakankendala bagi Aceh Utara yang sejak dulu sangat identik dengan pertanian.

“Soal ketersediaan air juga tidak menjadi masalah bagi Aceh Utara, karena irigasi permanen untuk pengairan sawah sudah tersedia,” sebutnya.

Dikatakannya, program tanam padi serentak yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian RI dalam menyukseskan program ketahanan pangan nasional, menjadi harapan baru bagi masyarakat Aceh Utara, khususnya Desa Blang Aman.

Ia menyebutkan, ketahanan pangan men­jadi prioritas bagi Indonesia. Karena­nya Kodam IM melakukan upaya perluasan sawah di seluruh Provinsi Aceh dengan mencetak sawah baru seluas 15.300 ha yang tersebar di 11 kabupaten

“Program ini dilaksana­kan atas kerja sama TNI-AD dan Dinas Pertanian Aceh,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts