Pemerintah segera bentuk tim pengendalian distribusi gas 3 kilogram

Rapat koordinasi pengendalian distribusi gas 3 kilogram se-Aceh di Hotel Grand Nanggroe, Kamis (12/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan, mengatakan pemerintah akan membentuk tim untuk mengawasi dan mengendalikan distribusi gas 3 kilogram yang selama ini masih belum terkontrol disebabkan sistem pendistribusian gas yang dilakukan secara terbuka.

“Kita butuh penanganan khusus, baik berupa pengaturan, pengawasan dan pengendalian agar pemakaian LPG ini tepat sasaran,” kata Dermawan dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Azhari dalam rapat koordinasi pengendalian distribusi gas 3 kilogram se-Aceh di Hotel Grand Nanggroe, Kamis (12/5).

Azhari mengatakan, pemerintah daerah sangat berkepentingan dengan sistem pendistribusian gas ini. Karena itu, semua pihak baik dari kabupaten/kota maupun provinsi memerlukan koordinasi, pembinaan dan evaluasi terhadap pendistribusian di daerah guna menjamin kelancaran pasokan bagi masyarakat.

“Sistem pendistribusiannya juga perlu mendapat pengawasan agar tidak semua orang bebas membeli LPG 3 kg,” ujar Azhari.

Dermawan mengatakan, Pertamina bersama Hiswana Migas sebagai pihak yang menyalurkan LPG 3 kg juga diharapkan menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, sehingga berbagai masalah yang terjadi di lapangan dapat diantisipasi sedini mungkin.

Pemakaian LPG 3 kg, kata Azhari, hingga kini masih disubsidi pemerintah. Karena itu, yang berhak menggunakannya hanya masyarakat ekonomi rendah. Sedangkan untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke atas diharuskan menggunakan LPG 12 kg yang tidak disubsudi.

Azhari menambahkan, peran lembaga kepolisian sangat penting dalam melakukan pengawasan terhadap proses distribusi gas 3 kg karena kerap terjadi tindakan yang melanggar hukum, seperti penimbunan atau penjualan gas di pangkalan yang jauh di atas harga eceran tertinggi.

“Perlu upaya bersama dari lintas lembaga untuk mengantisipasi munculnya masalah terkait distribusi gas 3 kg ini,” kata Azhari.

Ia berharap forum koordinasi tersebut dapat mendiskusikan masalah pengendalian dan distribusi gas LPG 3 kg sehingga berbagai potensi yang terjadi di lapangan dapat diantisipasi sejak dini. [Sammy/rel]

Related posts