Pulau Banyak, surga di ujung Indonesia

Pulau Tailana di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh (Kompas)

Oleh Wanhar Lingga*

Berkunjung  Ke Aceh tidak sah rasanya ketika tidak mengunjungi Pulau banyak, gugusan pulau-pulau di Kabupaten Aceh Singkil. Luas wilayahnya secara keseluruhan adalah 27.196 ha. Ada 99 pulau di gugus Kepulauan Banyak terdiri dari pulau pulau kecil dan pulau besar yang saat ini menjadi lirikan wisatawan asing.

Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah. Pantai Pulau Banyak tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang ada di indonesia. Pasir putihnya yang begitu lembut, deretan daun- daun kelapa yang rindang semakin menambah keindahan suasana pemandangan alam di sana.  Indahnya panorama sunset juga bisa bisa disaksikan di sini dan menjadi tontonan yang mengasyikkan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung  ke Pulau Banyak, Kepulauan Banyak dapat dicapai melalui pelabuhan Singkil di Kampong Pulo Sarok, Aceh singkil via feri selama  4 -5 jam. Dari Kota Medan, Anda bisa menumpang mobil travel dengan ongkos Rp110.000 yang akan membawa Anda ke Singkil, tepatnya di Pulo Sarok menggunakan perjalanan darat selama 8 jam.

Atau jika ingin cepat, Anda juga bisa mengunjungi Singkil via penerbangan Medan-Singkil menggunakan pesawat berukuran kecil setiap hari Rabu dengan biaya Rp140.000 yang akan mengantarkan Anda ke Bandara Syeh Hamzah Fansyuri.

Surfing 

Jika Anda hobi surfing, di Pulau Banyak ada sekitar 12 titik ombak untuk selancar yang cukup panjang dan mencapai ketinggian 6 meter yang tersebar di Pulau Bengkaru, Ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar yang paling banyak dikunjungi oleh peselancar adalah pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru.

Pada 2001 adalah Marcus Keeshan yang menemukan pertama kali ombak Pulau Banyak yang menggoda peselancar, kemudian dia memublikasikan kehebatan ombak Bangkaru sebagai tempat surfing terbaik di dunia.

Menurutnya, ombak di kawasan ini sangat ideal bagi peselancar kelas dunia karena tingginya mencapai 6 meter. Begitu pula lokasinya. Airnya dingin, ikan hiu jarang ditemui, tempat berselancar berada satu sampai dua meter di atas karang dan musim selancar relatif panjang.

 snorkeling

Keindahan alam bawah laut pulau banyak bisa juga kita nikmati dengan dua cara. Pertama, pada bagian perairan dangkal dengan menggunakan perahu yang lantainya atau bagian dinding bawah perahu itu terdiri atas gelas kaca tembus pandang. Dengan demikian kita bisa melihat keindahan  bawah laut Pulau Banyak.

Kedua, dengan menggunakan perlengkapan menyelam khususnya untuk tempat-tempat dalam yang tidak mungkin dapat dilihat dengan perahu yang lantainya tembus pandang, yaitu dengan peralatan scuba diving.

Nah, tunggu apa lagi. Ayo ke Pulau Banyak! Jangan ngaku orang Indonesia jika belum pernah mengunjungi Pulau Banyak, Laut Pulau Banyak menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Keunikan biota laut berupa terumbu karang dengan flora dan fauna, tumbuhan laut dan ikan-ikan karang yang beraneka ragam warna dan berbagai ukuran dapat ditemui di sini .

Areal wisata di Pulau banyak yang sering dikunjungi adalah Pantai Pulau Tailana, Rago- rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang. Di daerah ini merupakan tempat yang paling  indah dengan pantai yang berkarang dan airnya yang sangat jernih. Karang-karang yang berada pada kedalaman lebih dari 3 meter masih sangat jelas dilihat dari atas perahu. []

*Penulis adalah ketua bidang pendidikan Himpunan Pelajar Mahasiswa Aceh Singkil (Hipmasil)

Related posts