Gubernur sidak kedua pembangunan Masjid Raya Baiturrahman

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melakukan sidak pembangunan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (20/5). (Suhaimi Tripa)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada proyek pengembangan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (20/5).

Zaini didampingi oleh Kepala Dinas Cipta Karya Aceh, Zulkifli serta sejumlah pejabat dari Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) teknis terkait.

Dalam kunjungannya, Zaini mengapresiasi hasil kerja proyek pengembangan tersebut yang telah rampung sebesar 40,98 persen, melebihi dari target awalnya, yaitu sebesar 28,94 persen.

“Alhamdulillah, kita lihat rata-rata pembangunannya sudah bagus, banyak perubahan yang terjadi sejak kunjungan kita yang terakhir beberapa waktu lalu,” kata Zaini.

Menurutnya, jika semua pekerjaan selesai seperti yang sudah diprogramkan, proyek pengembangan pelebaran Masjid Raya Baiturrahman diprediksikan akan selesai pada akhir tahun ini. “Setelah pembangunan selesai, dan proses finishing semuanya, insya Allah pada awal tahun 2017 dapat diresmikan,” ujarnya.

Memasuki bulan Ramadan, Zaini memastikan bahwa sebagian kawasan dari masjid tersebut akan dapat dimanfaatkan untuk keperluan ibadah.

“Walaupun belum sepenuhnya selesai, para pengunjung akan dapat menggunakan sebagian kawasan, yaitu di bagian utara, selatan dan bagian timur masjid untuk keperluan ibadah selama bulan puasa nanti. Mudah-mudahan mencukupi untuk menampung sebanyak kira-kira 14 ribu jamaah yang hadir,” sebutnya.

Kepala Dinas Cipta Karya Aceh, Zulkifli mengatakan pihak PT Waskita Karya juga akan melakukan pememeliharaan terhadap proyek tersebut selama tiga tahun setelah selesai.

“Biasanya pada proyek lain, mereka hanya melakukan pemeliharaan selama 1 tahun, tapi khusus untuk Masjid Raya Baiturrahman ini, pihak Waskita akan melakukan perawatan selama 3 tahun,” imbuhnya. [Sammy/rel]

Related posts