Gubernur resmikan Masjid Babuttaqwa Batoh

Penandatanganan prasasti dalam peresmian Masjid Babuttaqwa, Gampong Batoh, Banda Aceh, Jumat (20/5). (Suhaimi Tripa)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah meresmikan Masjid Babuttaqwa, Gampong Batoh, Banda Aceh, Jumat (20/5). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan beduk oleh Zaini serta dilanjutkan dengan prosesi peusijuek oleh perwakilan dari tokoh masyarakat setempat.

Menurut Zaini, selama memimpin Aceh dirinya sudah banyak berkunjung ke masjid-masjid di berbagai wilayah dan sangat kagum terhadap semangat masyarakat dan aparat gampong untuk membangun masjid-masjid di Aceh.

“Sehingga tidak heran jika hampir setiap kilometer setidaknya terdapat satu masjid. Bahkan menurut data Kementerian Agama, pada tahun 2015, setidaknya ada 3.928 masjid yang tersebar di seluruh Aceh,” kata Zaini.

Hal tersebut menurut Zaini menunjukkan bahwa semangat masyarakat Aceh sangat luar biasa dalam membangun masjid.

“Namun demikian, saya harus jujur menyampaikan, bahwa semangat kita membangun masjid, terkadang belum berbanding lurus dengan semangat kita untuk memakmurkannya. Hal ini terlihat dari sedikitnya jumlah jamaah yang ikut melaksanakan salat berjamaah di masjid,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Zaini mengajak seluruh masyarakat untuk terus melakukan introspeksi dan meningkatkan berbagai upaya dalam memakmurkan masjid agar keberadaannya benar-benar efektif untuk ibadah maupun aktivitas keagamaan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Zaini turut memaparkan komitmen Pemerintah Aceh menjalankan syariat Islam, salah satunya dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan masjid.

Menurutnya, sejak tahun 2012-2015 Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana untuk pembangunan masjid, meunasah dan juga dayah di Aceh, dengan rincian bantuan kepada 1.238 masjid, 1.363 meunasah, dan 247 dayah. [Sammy/rel]

Related posts