Bidang kesehatan program prioritas Pemerintah Aceh

Peureulak (KANALACEH.COM) – Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh tahun 2012-2017, bidang kesehatan merupakan salah satu dari 10 program yang diprioritaskan.

Oleh karena Itu, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2016, sektor kesehatan mendapat perhatian lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, dalam sambutan singkatnya, pada acara peresmian dan penabalan nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz Syah Peureulak, sebagai Nama Baru untuk RS Rehabilitasi Medik Peureulak, (Senin, 23/5/2016).

“Program kesehatan akan kita fokuskan pada peningkatan layanan, sehingga masyarakat di seluruh wilayah Aceh bisa mendapatkan akses layanan yang cepat dan lebih efektif,” ujar Zaini.

Untuk mendukung perbaikan sektor kesehatan ini, Zaini selaku Kepala Pemerintahan Aceh juga mendorong pemerintkabupaten/Kotkota untuk lebih aktif melakukan inovasi dan gebrakan dalam memperkuat program kesehatan rakyat.

“Pemkab Aceh Timur termasuk yang cepat melakukan inovasi di sektor ini. Salah satunya dengan mendorong agar kabupaten ini memiliki dua rumah sakit umum daerah. Hal ini sangat beralasan, mengingat populasi penduduk di Aceh Timur cukup besar, di samping arealnya juga sangat luas. Jika hanya mengharapkan layanan dari RSUD Dr Zubir Mahmud yang ada di Idi, tentu akan kesulitan karena jarak antar wilayah yang cukup jauh,” tambahnya.

Menurut Zaini, adalah sebuah kewajaran jika Aceh Timur memiliki satu lagi Rumah Sakit Umum Daerah sebagai pendukung operasional RSUD yang sudah ada.

Zaini menjelaskan, Pemerintah Aceh menganggap usulan menjadikan RS Rehab Medik Peureulak sebagai RSUD sangat perlu didukung dengan peningkatan fisik dan perlengkapan berbagai fasilitas pendukung.

“Alhamdulillah, kini proses renovasi gedung ini telah selesai dan yang menarik, tidak hanya fisik dan fasilitas saja yang disiapkan, nama baru juga akan menyertai operasional rumah sakit ini,” demikian Zaini. [Aidil/rel]

Related posts