Google dan Levi’s buat jaket jeans pintar

Google bekerjasama dengan Levi's membuat jaket jeans pintar. (Techcrunch)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Google, melalui divisi Advanced Technology and Projects (ATAP), memberikan informasi terbaru seputar produk jeans pintar Project Jacquard pada ajang I/O 2016 pekan lalu.

Dalam ajang tersebut, Google memamerkan bentuk konkrit dari wearable devices alias perangkat yang bakal dikenakan di tubuh ini. Bekerja sama dengan perusahaan pakaian asal AS, Levi’s, Google mengembangkan sebuah jaket jeans pintar yang bisa dihubungkan ke smartphone.

Ditujukan bagi para pesepeda, jaket jeans tersebut dapat digunakan sebagaimana perangkat wearable pada umumnya, seperti mengontrol musik, menjawab telepon, dan mengakses fitur navigasi.

Semua fungsi tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Techcrunch, Senin (23/5), dapat dilakukan hanya dengan menyentuh bagian lengan jaket.

Nantinya, jaket jeans ini bisa digunakan untuk mengontrol aplikasi seperti Spotify, Google Maps, Strava, dan lain-lain. Google sendiri dikatakan akan melepas API jaket jeans ini kepada para developer.

Konsumen pun dikatakan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan hasil kerja sama di antara kedua perusahaan besar tersebut. Jaket jeans tersebut sudah bisa didapatkan pada pertengahan tahun 2017 mendatang. Sementara, versi uji coba akan dirilis pada kuartal 4 tahun ini.

Bernama “Project Jacquard”, pengembangan jeans pintar tersebut merupakan buah pikiran dari divisi ATAP Google. Tim ATAP berencana membuat bahan jeans pintar menggunakan serat konduktif khusus yang dijahit bersama bahan tekstil biasa.

Serat-serat khusus ini nantinya bisa digunakan bersama aneka macam bahan tekstil, tak terbatas untuk jeans saja. Rancangan pakaian pun bisa diserahkan sepenuhnya para desainer. Bagian yang bisa menerima input dapat dibuat agar menonjol dari bagian lain, misalnya dengan diberi warna berbeda, atau dibuat menyatu. Bisa juga dibatasi pada area tertentu. [Kompas]

Related posts