Aceh Besar sediakan 2.500 sapi untuk meugang Ramadan

Jantho (KANALACEH.COM) – Kabupaten Aceh Besar menyediakan 2.500 sapi potong untuk hari pemotongan hewan “meugang” Ramadan 1437 hijriah.

“Persediaan ternak yang ada tersebut sanggup untuk memenuhi permintaan daging bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh dan Sabang,” kata Kepala Dinas Peternakan Aceh Besar, Ahmad Tarmizi di Banda Aceh, Senin (23/5).

Ia memperkirakan persedian ternak siap potong untuk meugang Ramadan 2016 tersebut cukup untuk memenuhi permintaan daging oleh konsumen di tiga kabupaten/kota tersebut.

Ia menyebutkan persediaan hewan ternak meugang tersebut terdiri dari sapi 2.500 ekor, kerbau 485 ekor, domba dan kambing 1.052 ekor serta unggas 30.516 ekor.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan terus meningkatkan produksi sapi dalam upaya memenuhi permintaan daging yang terus naik setiap tahunnya,” katanya.

Menurutnya, ternak yang disiapkan untuk memenuhi permintaan daging menghadapi meugang bulan suci Ramadan merupakan ternak terbaik milik masyarakat di Aceh Besar.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terkait persediaan daging saat meugang, karena kami sudah mengantisipasi permintaan ternak sapi sejak dua bulan lalu,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pengawasan secara ketat pada hari pemotongan hewan dalam upaya memastikan sapi yang dipotong tersebut aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kita juga akan mengoptimalkan petugas setiap kecamatan untuk mengawasi pemotongan ternak pada hari meugang,” kata Tarmizi. [Antara]

Related posts