Puluhan penyandang difabel uji kelayakan bus Trans Koetaradja

Foto : Penyandang difabel uji kelayakan bus Trans Koetaradja
Ilustrasi - Penyadang difabel sedang uji coba bus Trans Koetaradja, di mulai di halte Keudah, Banda Aceh, Selasa, (24/5). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan penyandang cacat dari gabungan Komunitas gabungan organisasi disabilitas melakukan uji coba Trans Koetaradja, Banda Aceh, Selasa, (24/5). Uji coba tersebut melalui observasi dan partisipasi langsung oleh penyandang difabel daerah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Amatan Kanalaceh.com observasi tersebut berkumpul dan di mulai dari halte Trans koetaradja Keudah, dan dilanjutkan ke tujuh titik akses halte Trans koetaradja yang ada di Banda Aceh secara bergantian. Yang selanjutnya di bagi dalam tujuh tim, dari satu tim terdiri dari empat atau lima orang.

”Ini gabungan, tadi tujuh tim kita bentuk, kemungkinan akan bertambah, karena ada yang sedang menyusul juga,” sebut Erlina Marlita, salah satu fasilitator acara tersebut kepada Kanalaceh.com.

Selanjutnya para penyandang difabel akan memantau kelayakan antara halte dan bus. Seperti di halte mereka memantau tangga halte, pegangan halte, sedangkan di dalam bus meliputi pelayanan pemandu, tata ruang, dan kenyamanan busnya khusus para difabel.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk melihat sejauh mana kelayakan aksebilitas bagi penyandang cacat untuk naik dalam bus Trans Koetaradja, kita belum tahu layak atau tidak makanya kita observasi dulu”, kata Ifwan Sahara selaku Ketua IPCI (Ikatan Penyandang Cacat Indonesia) Aceh. (Fahzian Aldevan)

Related posts