Gubernur: camat harus netral dan menenangkan

Rapat kerja camat se-Aceh tahun 2016 di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, Rabu (25/5). (Humas Pemerintah Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menghadapi tahun politik, para camat diharapkan bersikap netral dan mampu hadir sebagai pihak yang menenangkan jika timbul gesekan antar masyarakat pendukung masing-masing calon gubernur.

Harapan tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat membuka secara resmi rapat kerja camat se-Aceh tahun 2016 di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, Rabu (25/5).

“Ini adalah tahun politik. Saat ini, segala hal yang berkaitan dengan pemilihan kepala daerah sudah mulai hangat dibicarakan, saya berharap kehangatan itu jangan sampai memanas dan menjadi api. Oleh karena itu saya berharap para camat dapat berperan dan meminimalisir setiap potensi gesekan yang terjadi di tengah masyarakat,” ujar Zaini.

Zaini berharap agar seluruh camat mendukung kebijakan Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota dalam melaksanakan percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menurunkan angka kemiskinan di Aceh.

Kebijakan tersebut termasuk dukungan percepatan pembangunan yang pembiayaannya melalui dana gampong. Ia berharap, camat dapat berperan dalam hal pengawasan dan peningkatan kualitas dan kuantitas pembangunan di gampong.

“Meski dana desa langsung ditransfer ke gampong, bukan berarti camat lepas tangan, camat tetap harus membantu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan dana gampong,” tegasnya.

Zaini berharap agar para camat dapat membangun komunikasi dan koordinasi yang efektif dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan para pemangku kebijakan penyelenggara dan pengawas pilkada serta pihak terkait lainnya dalam mendukung kelancaran pilkada.

“Kami mengapresiasi penyelenggaraan raker camat ini karena mempunyai makna strategis sebagai wadah saling berbagi para camat se-Aceh, dan untuk lebih memantapkan koordinasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, ketenteraman dan ketertiban umum,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts