Jalan baru TMMD mulai diramaikan warga

Warga mengayuh sepeda Jalan terobosan antara Desa Paya Meta dan Alue Lhok Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. (Ist)

Kuala Simpang (KANALACEH.COM) – Jalan terobosan antara Desa Paya Meta dan Alue Lhok Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang yang baru dibuka dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-96 oleh Kodim 0104/Aceh Timur mulai diramaikan warga.

Jalan terobosan sepanjang 3,5 kilometer ini sudah bisa diakses warga kedua desa. Jalan ini sudah diperkeras dengan tanah bebatuan, sehingga apabila hujan turun, jalan ini masih bisa dilalui.

Jalan selebar delapan meter ini bahkan bisa dilewati oleh dua kendaraan roda empat secara berpapasan. Jalan ini akan maksimal setelah pengecoran plat beton kedua mengering dalam lima hari kedepan.

Sumiati (69) warga desa Alue Lhok, Rabu (25/5), terlihat dengan santai mengayuh sepeda tuanya menuju hutan rambung yang terletak di perbatasan Desa Paya Meta dan Alue Lhok.

Pagi itu Sumiati bertujuan untuk mencari kayu bakar di sekitar ladang rambung yang digunakan sebagai bahan untuk memasak di rumahnya.

“Jalan ini dulunya hutan rawa dan rambung, sehingga saya harus berjalan kaki melewati jalan tikus dari Desa Alue Lhok untuk mencari kayu bakar,” ujar Sumiati.

Dengan dibukanya jalan baru ini, Sumiati dengan mudah sampai tujuan untuk mengutip kayu bakar, karena hutan rambungnya sudah berada di pinggir jalan sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan bahan bakar kayu untuk memasak.

Manfaat yang paling besar dirasakan oleh warga kedua desa yang berladang dan bercocok tanam di sekitar jalan yang baru dibuka ini.

Sawah dan kebun mereka yang sekarang terletak di pinggir jalan baru ini, memudahkan mereka dalam melakukan aktivitas bertani dan berkebun, sehingga akan sangat berpengaruh atas hasil panen yang akan diperoleh nantinya dengan upah angkut yang lebih murah dari sebelumnya. [Aidil/rel]

Related posts