Baitul Mal Banda Aceh kumpulkan ratusan calon muzakki

Calon muzakki dari kalangan pengusaha dan pedagang di Baitul Mal Banda Aceh. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dalam rangka tersampaikannya informasi kewajiban berzakat secara lebih luas dan tepat sasaran, Baitul Mal Banda Aceh mengumpulkan ratusan calon muzakki dari kalangan pengusaha dan pedagang se-Kota Banda Aceh di Aula Baitul Mal Kota Banda Aceh yang berlangsung sejak 24-26 Mei 2016.

Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Tengku Safwani Zainun mengatakan, kegiatan sosialisasi zakat ini bertujuan agar terwujudnya kesadaran calon muzakki dalam menunaikan zakatnya di Baitul Mal Banda Aceh sebagai lembaga resmi berzakat.

”Hampir 90 persen muzakki kita selama ini berasal dari kalangan PNS, sementara persentase muzakki dari kalangan pengusaha dan pedagang masih tergolong kecil. Padahal potensi terbanyak zakat adalah dari kalangan pengusaha dan pedagang,” ungkap Safwani.

Menurut Safwani, Baitul Mal Banda Aceh punya tantangan besar untuk menghimpun dan memberi penyadaran dalam berzakat kepada pedagang dan pengusaha. Langkah ini diharapkan mampu menjadi perubahan yang seignifikan dalam upaya membangkitkan syiar islam dan mensejahterakan umat dengan zakat.

Ia menambahkan, kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung selama tiga hari yakni, tanggal 24-26 Mei 2016, para calon muzakki diundang ke Baitul Mal Banda Aceh berdasarkan wilayah domisili masing-masing calon muzakki.

Pada hari pertama meliputi Kecamatan Syiah Kuala, Baiturrahman, dan Kuta Raja. Pada hari kedua, untuk para pedagang dan pengusaha berasal Kecamatan Jaya Baru, Banda Raya, dan Kuta Alam. Terakhir, untuk wilayah Kecamatan Lueng Bata, Ulee Kareng, dan Meuraxa. [Fahzian Aldevan]

Related posts