Jelang Ramadan, Pemko Banda Aceh dan Balai POM razia makanan berbahaya

Ilustrasi produk makanan kemasan. (Shutterstock)

Banda Aceh (KANALACEH.COM– Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin mengatakan, sejatinya apa yang dikonsumsi oleh manusia akan berdampak pada kesehatan tubuhnya. Karenanya, makanan yang sehat dan aman sangat dibutuhkan oleh masyarakat konsumen manapun, termasuk masyarakat Banda Aceh.

“Zat kimia seperti borax dan formalin banyak beredar, masyarakat harus lebih cermat dan teliti untuk mengetahui ciri-cirinya agar bisa menghindari mengkonsumsinya,” ujar Illiza saat menghadiri peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2016, Sabtu (28/5) di Blang Padang, Banda Aceh.

Kata Illiza, dalam waktu dekat pihaknya bekerja sama dengan Balai POM akan melakukan razia bahan kimia berbahaya. Hal ini dilakukan dalam rangka memberi kenyamanan bagi warga kota melaksanakan ibadah puasa nanti.

Selain itu, pada peringatan Harkonas tersebut, Illiza juga meminta warga kota lebih hati-hati memilih pakaian, karena akhir-akhir ini sudah sangat banyak masuk pakaian bekas ke Banda Aceh.

“Sudah banyak masuk di Banda Aceh, harus lebih hati-hati karena pakaian bekas mengandung bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita,” ungkap Illiza.

Harkonas diperingati untuk mendorong semakin banyak pihak yang termotivasi membangun konsumen yang cerdas dan pelaku usaha yang semakin memiliki etika dalam usahanya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong pembentukan-pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen dan menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi di Indonesia. [Fahzian Aldevan]

Related posts