Pemuda Nias di Abdya masuk Islam jelang Ramadan

Ilustrasi - perempuan asal Amerika Serikat masuk Islam di Aceh. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Seorang pemuda asal pulau Nias, Sumatera Utara, Martin Nduru (22) resmi masuk agama Islam menjelang bulan suci Ramadan di kabupaten Aceh Barat Daya, Jumat (26/5).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatuh Hisbah, Abdya, Riat mengatakan, prosesi persyahadatan Martin Nduru berlangsung di dalam Masjid Jamik An Nurul Saddiq, Desa Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, usai umat Muslim menunaikan salat Jumat kemarin.

“Setelah mengucap dua kalimat syahadat, Martin Nduru berganti nama menjadi Muhammad Jaili,”katanya didampingi Adnan, kepala dinas syariat Islam setempat di Blangpidie, Sabtu (28/5).

Riat mengatakan, Muhammad Jaili disyahadatkan oleh Tengku Darkaci Ibrahim, Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Abdya yang disaksikan oleh Ketua MPU setempat, Tengku Muhammad Dahlan dan Tengku Nasrullah Ajja, pimpinan pondok pesantren Madinatul Fata Desa Ie Lhob.

Kemudian, lanjutnya, prosesi pensyahadatan tersebut juga turut dihadiri oleh 20 anggota MPU Abdya, sejumlah pejabat dinas syariat Islam, pejabat polisi wilayatul hisbah, camat Kecamatan Tangan-Tangan bersama unsur Muspika, perangkat Desa Ie Lhob dan puluhan polisi WH wanita.

“Sebelum memeluk agama Islam, Martin nduru menganut agama Kristen katolik berprofesi sebagai wiraswasta dan sudah lama merantau ke kabupaten Abdya untuk mencari pekerjaan,” katanya.

Ia menambahkan, setelah memeluk agama Islam, Muhammad jaili untuk sementara ditampung oleh kantor satpol PP dan WH untuk diajarkan ilmu agama Islam pada bulan suci Ramadan. [Antaranews]

Related posts