42.663 peserta SBMPTN pilih Unsyiah

lustrasi peserta yang mengerjakan soal saat mengikuti tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Unsyiah, Banda Aceh (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 42.663 orang peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari seluruh Indonesia memilih Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. 14.720 orang diantaranya menempatkan Unsyiah sebagai pilihan pertamanya.

Kepala Humas SBMPTN Unsyiah, Ilham Maulana menyebutkan, sebanyak 14.493 orang lulusan SMA/SMK/MA, Selasa (31/5) akan mengikuti ujian tulis SBMPTN tahun 2016 di panitia lokal Unsyiah Banda Aceh.

“Jumlah peminat ke Unsyiah lebih banyak dibandingkan jumlah peserta yang mengikuti ujian di Unsyiah tahun ini, karena banyak peserta dari luar lokasi Banda Aceh yang juga memilih Unsyiah,” kata Ilham dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com.

Lanjut Ilham, 4.894 orang diantara peserta adalah pemilih kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), dan 3.826 orang adalah pemilih kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), sementara 5.773 orang sisanya adalah pemilih kelompok campuran.

“Sementara itu, di Sub-Panitia Lokal Meulaboh, jumlah peserta SBMPTN sebanyak 1.186 orang,” ujarnya.

Ia menambahkan, 2.762 orang dari peserta SBMPTN juga merupakan pengusul beasiswa Bidikmisi, masing-masing adalah peserta kelompok Saintek sebanyak 796, kelompok Soshum sebanyak 739 orang, serta sisanya peserta kelompok campuran.

Ilham menyatakan, lima program studi (prodi) paling favorit untuk kelompok Saintek di panitia lokal Banda Aceh adalah Pendidikan Dokter, Informatika, Farmasi, Teknik Sipil, dan Ilmu Keperawatan. Sementara prodi yang paling diminati untuk bidang Soshum adalah Manajemen, Ilmu Hukum, dan Akuntansi.

“Di sisi lain, prodi Fisika, Proteksi Tanaman, Kimia, Teknik Geofisika, dan Teknik Geologi, relatif paling minim peminat,” ungkapnya. [Aidil/rel]

Related posts