Gubernur minta Medco perhatikan SDM lokal di Blok A

Kunjungan direksi PT Medco Energi Internasional di Pendopo Gubernur, Banda Aceh, Selasa (31/5). (Humas Pemerintah Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah meminta PT Medco Energi Internasional sebagai pengelola lapangan gas Blok A di Aceh Timur agar memberdayakan sumber daya manusia (SDM) lokal untuk menghindari terjadinya kecemburuan sosial di wilayah operasional perusahaan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Zaini saat menerima kunjungan pimpinan perusahaan yang dihadiri oleh Direktur/Chief Operating Officer (COO), Ronald Gunawan dan Direktur/Chief Human Capital & Business Support Officer (CHCO), Amri Siahaan di Pendopo Gubernur, Banda Aceh, Selasa (31/5).

“Penyerapan tenaga kerja lokal penting untuk diperhatikan mengingat masih tingginya angka pengangguran akibat dari sisa konflik yang berkepanjangan dan bencana alam yang terjadi di Aceh,” kata Zaini.

Menurut Zaini, dengan memberdayakan tenaga kerja lokal, konflik sosial antara masyarakat dan perusahaan dapat dihindari sekaligus memberikan dampak langsung terhadap peningkatan perekonomian rakyat.

“Kita tidak mau pengalaman seperti sebelumnya terjadi di mana masyarakat setempat dianaktirikan. Seperti kata pepatah, buya krueng teudong-dong, buya tamong meuraseuki,” ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat sekitar tidak menjadi penonton, tetapi ikut berperan aktif dan bekerja sama dalam meraih hasil dari proyek pengeboran gas tersebut demi kemajuan dan kemakmuran Aceh.

Chief Operating Officer (COO), Ronald Gunawan dalam kunjungan tersebut mengatakan, proyek pengembangan lapangan gas Blok A saat ini berjalan lancar sesuai dengan jadwal dan diharapkan dapat mulai beroperasi pada awal 2018.

“Untuk urusan pembebasan lahan 88 persen, atau sebanyak 154 hektare telah selesai. Kami sekarang sedang dalam proses pengambilalihan saham Japex sebelum dapat berproduksi sepenuhnya pada 2018,” kata Ronald.

Sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial, Ronald menjelaskan pihaknya telah mnyerahkan bangunan gedung RSUD dr Zubir Mahmud kepada pemerintah setempat yang dibangun menggunakan dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) sebesar Rp75 miliar.

Ronald menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan menyiapkan rekrutmen untuk  Program Pelatihan Teknisi bagi putra putri Aceh sebagai tenaga operator dan teknisi yang terampil. [Sammy/rel]

Related posts