Jokowi resmikan PLTMG Arun 184 MW di Lhokseumawe

Presiden Jokowi didamping Menteri BUMN, Rini Soemarno, Gubernur Aceh Zaini Abdullah, dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir saat meresmikan Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun 184 MW, di Desa Meuria Paloh Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Kamis, (2/5). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun 184 MW di Desa Meuria Paloh Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Kamis (2/5).

Pantauan Kanalaceh.com, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 10.00 WIB, didampingi Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan Menteri BUMN, Rini Soemarno.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir, dalam sambutannya mengatakan PLTMG Arun 184 MW, sudah mulai difungsikan sejak tanggal 21 Desember 2015 yang lalu, dengan memasok 2/3 kebutuhan daya listrik yang berada di Aceh khususnya, dan pada umumnya juga untuk memperkuat kelistrikan Sumatra Bagian Utara.

“Program 35.000 MW diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah harus diimbangi dengan pertumbuhan ketenagalistrikan dan rasio elektrifikasi,” ujarnya.

Ia menilai untuk lima tahun ke depan, kebutuhan listrik mencapai sebesar 8,8 persen per tahunnya, sebagaimana dengan diterapkannya target rasio elektrifikasi dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik pada 2015-2014.

“Dengan begitu, pada tahun 2019 mencapai 97,4 persen,” sebutnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts