Pangdam IM bagikan 9 ekor sapi meugang

Pembagian daging 9 ekor sapi di halaman Kodam IM Peunayong, Banda Aceh, Jumat (3/6). (Pendam IM)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI L. Rudy Polandi membagikan daging 9 ekor sapi meugang Ramadan 1437 Hijriah, kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam IM beserta anak yatim piatu di halaman Kodam IM Peunayong, Banda Aceh, Jumat (3/6).

Menurut Rudy, meugang merupakan suatu tradisi yang menandai datangnya bulan Ramadan di Aceh. Sejarah awal mulanya tradisi meugang dalam masyarakat Aceh ini dilakukan pada masa kerajaan Aceh di bawah Sultan Iskandar Muda sehingga patut dilestarikan hingga kini.

“Meugang mempunyai nilai religius yang sangat tinggi karena dilakukan dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Di samping itu, meugang yang dilakukan sebelum puasa ini merupakan penanda dari nikmatnya beribadah di bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan,” ujarnya.

Rudy menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS di jajaran Kodam untuk menjadikan kurban sebagai penanda masuknya bulan Ramadan dan menjadikan puasa dengan banyak beribadah dan tetap bekerja dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Selamat menjalankan ibadah puasa bulan suci Ramadan 1437 Hijriyah 2016 M,” ujar Rudy di hadapan prajurit dan PNS Kodam IM serta anak yatim. [Sammy/rel]

Related posts