Islahuddin jabat mukim Gedum Malik di Aceh Tengah

Pelantikan mukim baru Gedum Malik, Kecamatan Jagong Jeget, Aceh Tengah, Sabtu (4/6). (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Setelah melalui proses pemilihan secara demokratis pada akhir maret 2016 lalu, Islahuddin terpilih sebagai Mukim Gedum Malik, Kecamatan Jagong Jeget, Aceh Tengah, Sabtu (4/6).

“Prosesnya sempat tertunda, karena awal dibuka pendaftaran hanya satu orang yang mencalonkan diri, kemudian dibuka kembali pendaftaran. Setelah ada 2 calon baru dilakukan pemilihan,” ungkap Camat Jagong Jeget, Fauzan di sela pelantikan Mukim Gedum Malik, Sabtu (4/6) di aula kantor camat setempat.

Lebih lanjut Fauzan menjelaskan, pemilih ditentukan 7 orang dari masing-masing kampung yang terdiri dari aparat dan tokoh masyarakat, dengan hasil akhir Islahuddin memperoleh 43 suara dan kandidat lainnya, Arjua memperoleh 34 suara.

“Setelah proses pemilihan rampung, kita usulkan kepada bupati untuk melantik mukim Gedum Malik,” kata Fauzan.

Sementara Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin usai melantik mukim tersebut menekankan pentingnya keteladanan seorang mukim dalam membina kehidupan masyarakat.

Menurutnya, mukim adalah jabatan istimewa di Indonesia, hanya ada di Aceh tidak ada di daerah lain.

“Sosok mukim dituntut keteladanan dalam mengawal penegakan syariat Islam, penguatan adat istiadat dan terdepan dalam menjaga kelestarian alam,” kata Nasaruddin. [Sammy/rel]

Related posts