10 tips jaga kesehatan sepanjang Ramadan

Ilustrasi buah dan sayur. (Pixabay)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Berpuasa selama bulan Ramadan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Namun kesehatan tersebut bisa dicapai jika puasa dilakukan dengan cara yang benar. Berikut beberapa tips sederhana agar selalu sehat selama Ramadan dilansir dari laman Emirates 247.

Berbuka dengan buah kurma

Kurma baik untuk menggantikan energi yang hilang setelah berjam-jam menahan lapar karena ia termasuk salah satu sumber utama gula. Kurma juga kaya akan magnesium dan potasium.

Minum air yang cukup

Minum cukup air setelah berbuka agar tidak dehidrasi. Selalu usahakan mengonsumsi delapan gelas air setiap hari agar tidak dehidrasi atau merasa kehausan di keesokan harinya.

Hindari makanan asin dan berminyak

Hindari makanan yang terlalu asin dan berminyak karena makanan ini akan membuat Anda merasa haus selama berpuasa. Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

Jangan makan terburu-buru

Mulailah dengan makanan ringan seperti kurma, air putih, dan baru dilanjutkan dengan makanan berat. Berhenti sejenak ketika Anda sudah merasa kenyang. Makan berlebih akan menyebabkan perut kembung. Berbuka dengan minuman hangat bisa membantu agar perut tidak ‘kaget’ setelah berjam-jam tidak terisi.

Variasikan makanan

Pastikan menu berbuka puasa Anda memiliki sumber gizi yang lengkap mulai dari karbohidrat, protein dan vitamin dari sayuran dan buah-buahan

Pilih makanan sehat

Sebaiknya hindari konsumsi jus buah, gorengan dan makanan dengan kadar lemak tinggi. Daging, sayuran, telur dan produk olahan susu kaya akan protein. Pastikan Anda memiliki salah satu di antara makanan tersebut karena protein penting untuk sel-sel di dalam tubuh.

Hindari makanan yang terlalu asin atau terlalu manis

Langsung menyantap makanan manis ketika berbuka akan menyebabkan perut kembung dan memperlambat proses pencernaan. Selain itu, kadar glukosa dalam darah akan meningkat dan membuat Anda semakin ingin mengonsumsi makanan manis.

Makanan manis sebaiknya dikonsumsi dua hingga tiga jam setelah berbuka puasa. Semakin banyak mengonsumsi makanan yang asin atau pedas akan membuat Anda haus di keesokan harinya.

Hindari kopi

Jika Anda pecinta kopi, mengurangi asupan kopi selama Ramadan akan menghindari Anda dari sakit kepala dan rasa ngantuk.

Bagi porsi makan

Makan tiga kali sehari tetap harus dijaga selama Ramadan; berbuka, camilan malam hari, dan sahur. Bagi makanan Anda menjadi tiga bagian. Seperempat piring untuk asupan karbohidrat, seperempat lain untuk daging dan setengah bagian untuk sayur-sayuran.

Olahraga

Berolahraga selama Ramadan sangat bermanfaat untuk memperoleh berat badan yang sehat dan tentunya hidup yang sehat.

Jika Anda seorang atlet yang selalu melakukan olahraga berat, Anda tetap bisa melakukan rutinitas Anda satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Pastikan Anda minum cukup air agar tidak dehidrasi dan jangan terburu-buru ketika makan. [Viva]

Related posts