Aceh masuki puncak musim kemarau

Ilustrasi musim kemarau. (Antara Foto)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Wilayah Provinsi Aceh memasuki puncak musim kemarau. Suhu udaranya mencapai 35 derajat celsius.

Kepala seksi data dan informasi, Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Zakaria mengatakan, diperkirakan sushu di Aceh akan terus mengalami peningkatan hingga 20 Juni mendatang, dengan suhu diperkirakan mencapai 36 derajat celsius.

“Saat ini untuk wilayah Aceh sudah memasuki puncak musim kemarau dan memang sangat panas. Bahkan menurut perkiraan baru akan berakhir pada September mendatang,” katanya baru-baru ini.

Zakaria menambahkan, penyebab meningkatnya suhu udara di Aceh ini, khususnya pada 20 Juni mendatang, karena posisi matahari tepat berada di utara Khatulistiwa dan posisinya sangat dekat dengan Provinsi Aceh.

Menurut Zakaria, meski sudah memasuki puncak musim kemarau, namun hujan diperkirakan akan tetap turun, meski intensitasnya rendah. “Potensi hujan tetap ada, jika sudah ada pembentukan awan konvektif,” ujarnya.

Zakaria mengimbau masyarakat tidak membuka lahan dengan sistem pembakaran, karena bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hutan, terutama di daerah yang banyak lahan gambut. [Wol]

Related posts