Gelombang tinggi masih landa sebagian Aceh

Ilustrasi gelombang tinggi. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Meski kondisi cuaca di sebagian wilayah Aceh berawan dan berpeluang hujan ringan, namun angin kencang diikuti gelombang setinggi 3-4 meter masih berpeluang melanda sebagian wilayah perairan Aceh bagian Barat, Selatan, Banda Aceh, Aceh Besar, dan Sabang.

Cuaca buruk itu dilaporkan sempat mengganggu aktivitas pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) BMKG Bandara Sultan Iskandarmuda (SIM) Blang Bintang, Zakaria SE kepada Serambi, Rabu (8/6) sore, menjelaskan, secara umum angin kencang yang melanda sebagian wilayah Aceh sejak Senin sore dipengaruhi oleh peralihan musim Timur Laut ke musim Barat Daya.

Angin Barat, kata Zakaria, memicu timbulnya daerah pertemuan angin (konvergen), daerah tekanan rendah, lembang tropis sampai siklon tropis di Teluk Benggala.

Imbasnya dapat dirasakan di Aceh berupa hujan yang dikuti angin kencang serta gelombang laut yang tinggi seperti sekarang.

Karenanya, BMKG mengimbau masyarakat termasuk nelayan di kawasan Aceh bagian Barat, Selatan, Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang agar selama beberapa bulan ke depan, tetap hati-hati terhadap kemungkinan cuaca buruk, seperti hujan tak menentu dan angin kencang.

BMKG memprakirakan cuaca buruk itu akan terus berlangsung hingga beberapa ke depan terutama pada siang dan sore hari. [Serambi]

Related posts