4.431 peserta ikut ujian di UIN Ar-Raniry

Kampus UIN Ar-Raniry. (suarakomunikasi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 4.431 lulusan SMA/sederajat akan mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun akademik 2016 di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Farid Wajdi Ibrahim di Banda Aceh, Jumat (10/6) mengatakan UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia, UM-PTKIN diselenggarakan di seluruh PTKIN termasuk UIN Ar-Raniry.

“UIN Ar-Raniry menjadi peringkat pertama peminatnya untuk Sumatera dan berada pada peringkat ke-3 secara nasional. Ini merupakan kepercayaan masyarakat kepada UIN Ar-Raniry untuk mendidik generasi bangsa khususnya generasi muda Aceh,” kata Farid Wajdi.

Ia menjelaskan ujian UM-PTKIN akan berlangsung pada 14-15 Juni 2016 yang akan dipusatkan di Lingkungan kampus UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Farid menyebutkan UIN Ar-Raniry menerima calon mahasiswa melalui empat jalur yakni jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN), jalur UMPTKIN dan PMB UIN Ar-Raniry.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Dr Muhibutthabary mengatakan pelaksanaan tes calon mahasiswa jalur UM-PTKIN ini dilakukan serentak seluruh Indonesia selama dua hari 14-15 Juni 2016.

Muhib mengingatkan kepada peserta UM-PTKIN untuk membawa syarat dan perlengkapan ujian seperti kartu ujian, identitas diri, ijazah atau surat keterangan lulus dan perlengkapan alat tulis. [Antara]

Related posts