Arab Saudi tak terlibat tragedi 11 September

Kepala CIA, John Brennan. (AFP)

Riyadh (KANALACEH.COM) – Kepala badan intelijen Amerika Serikat (AS) CIA, John Brennan mengatakan bahwa laporan rahasia Kongres AS mengenai tragedi 11 September 2001 akan mengungkapkan bahwa Arab Saudi tidak terlibat dalam tragedi tersebut.

“Saya pikir (dokumen) 28 halaman tersebut akan dipublikasikan dan saya mendukung hal itu sebab semua orang akan melihat bukti bahwa pemerintah Saudi tidak memiliki andil sama sekali (terhadap tragedi 11 September),” ujar Brennan pada sebuah wawancara, sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (12/6).

Laporan rahasia tersebut sebenarnya berisi mengenai hasil temuan Kongres AS pada 2002 terkait tragedi 11 September.

Namun laporan tersebut menjadi sorotan utama sebab menjadi kunci apakah warga AS dapat menuntut ganti rugi kepada pemerintah Arab Saudi atas tragedi yang menewaskan hampir 3.000 orang tersebut pada 2001.

Arab Saudi sendiri menyangkal terlibat dalam tragedi 11 September.

“Berdasarkan laporan itu, tidak ada hubungannya antara pemerintah Saudi baik sebagai negara atau institusi bahkan dengan para pejabat Saudi yang terlibat dengan serangan 11 September,” tambah Brennan.

Dilaporkan saat ini Direktoran Keamanan Nasional AS sedang mempertimbangkan apakah laporan temuan Kongres pada 2002 tersebut dapat dipublikasikan. [Okezone]

Related posts