Illiza apresiasi beasiswa pendidikan BI

Penyerahan beasiswa BI di Gedung BI Provinsi Aceh, Banda Aceh, Rabu (15/6). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) yang dinilai memperhatikan dunia pendidikan di Aceh dan Banda Aceh.

Apresiasi tersebut disampaikan Illiza saat menghadiri acara penyerahan beasiswa BI kepada 80 mahasiswa/mahasiswi Unsyiah dan UIN Ar-Raniry di Gedung BI Provinsi Aceh, Banda Aceh, Rabu (15/6) sebesar Rp480 Juta yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala BI Perwakilan Aceh, Ahmad Farid kepada Rektor Unsyiah, Prof Syamsul Rizal dan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Farid Wajidi Ibrahim.

“Ini merupakan bentuk perhatian BI kepada dunia pendidikan, kita patut memberikan apresiasi dan tentunya terimakasih kita ucapkan kepada BI,” ujar Illiza.

“Ini harus benar-benar dimanfaatkan, hari ini kalian harus bersyukur karena kalian terpilih menerima beasiswa ini untuk kebutuhan menyelesaikan pendidikan,” ujar Illiza.

Sebelumnya, Kepala BI Perwakilan Aceh, Ahmad Farid menyampaikan pihaknya mengalokasikan beasiswa sebesar Rp480 juta untuk 80 mahasiswa Unsyiah dan UIN Ar-Raniry.

“Untuk UIN 40 orang dan Unsyiah 40 orang, masing-masing mahasiswa mendapatkan Rp500 ribu per bulan atau Rp6 juta per tahun,” ungkap Ahmad Farid.

Katanya, program beasiswa ini merupakan program sosial BI sebagai bentuk dedikasi untuk negeri.

“BI menyadari bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena kemajuan sebuah bangsa tidak ditentukan oleh faktor alam, tapi oleh sumber daya manusianya,” ujar Ahmad Farid.

Lanjutnya, salah-satu tujuan BI memberikan beasiswa adalah untuk menghidupkan harapan masyarakat yang kurang mampu tapi punya potensi akademik yang baik untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

“Karena dari hasil survei, faktor masyarakat Indonesia tidak mengenyam pendidikan tinggi adalah karena tidak ada biaya. Kita secara persentase kalah dari Malaysia dan Thailand,” ujar Ahmad Farid. [Sammy/rel]

Related posts