Kodim 0112/Sabang laksanakan perawatan cluster hydroponik

Sabang (KANALACEH.COM) – Personel Kodim 0112/Sabang melaksanakan perawatan tanaman hydroponik, mengingat pembuatan cluster yang baru berjalan sekitar tiga minggu ini harus diperhatikan secara ekstra.

Kasdim 0112/Sabang, Mayor Arh Hari Purnomo selaku pengawas kegiatan mengatakan pembuatan cluster tanaman hidroponik  bertujuan sebagai areal percontohan di lingkungan masyarakat yang ada di wilayah binaaan Kodim 0112/Sabang.

“Kegiatan ini juga sangat sesuai  dilaksanakan di wilayah Kota Sabang mengingat tipologi wilayah khususnya keadaan tanah yang berbatu dan berkarang sehingga kurang optimal apabila digunakan sebagai lahan pertanian,” katanya.

Ia menyebutkan manfaat dan keunggulan dari tanaman hydroponik ini adalah tanaman tersebut ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida atau obat hama yang dapat merusak tanah.

“Tanaman ini juga tidak merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas, hasil tanaman bisa dimakan secara keseluruhan termasuk akar karena terbebas dari kotoran dan hama,” sebutnya.

Selain itu manfaat lainnya adalah pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas tanaman dapat terjaga, tidak memerlukan banyak tenaga kerja, lingkungan kerja yang lebih bersih, serta dapat ditanam dimana dan kapan saja tanpa mengenal musim.

Hari Purno mengatakan tanaman hydroponik dapat dijadikan salah satu alternatif kegiatan pertanian khususnya masyarakat di wilayah Kota Sabang sebagai sarana pemenuhan kebutuhan akan sayuran sehat dan berkualitas.

“Disisi lain, hal ini merupakan kegiatan ekonomi kreatif yang dapat membuka lapangan pekerjaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kota Sabang,” jelasnya. [Aidil/rel]

Related posts