Komisi III DPR RI gelar fit and proper test Komjen Tito pada 22 Juni

Kepala BNPT Irjen (Pol) Tito Karnavian. (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon tunggal Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian pada Rabu, (22/6) mendatang.

Menurut dia, sebelum menguji Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu pihaknya melakukan rapat pleno terlebih dulu pada Senin (20/6). Kemudian dilanjutkan kunjungan ke kediaman Tito sehari kemudian.

“Senin kita rapat pleno, Selasa kita kunjungan ke rumahnya, Rabu kita akan melakukan fit and proper test,” ujar Sufmi saat dihubungi Okezone, Sabtu (18/6]).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu memastikan bahwa keputusan Tito menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini bakal ditentukan bulan ini. Menurut dia, keputusan tersebut akan diambil dalam Sidang Paripurna pada Selasa (28/6).

“Iya keputusan bulan ini, 28 Juni itu Paripurna terakhir, nanti sudah disetujui,” terang dia.

Sufmi memastikan bahwa proses fit and proper test mantan Kapolda Metro Jaya itu bakal berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti. Hal itu dirinya sampaikan lantaran partai yang tak berada di barisan pemerintah seperti Gerindra saja mendukung pencalonan Tito.

“Enggak ada upaya penjegalan, insya Allah lancar. Ini kan hak prerogatif presiden dalam memilih Kapolri. Jangankan partai pendukung, Gerindra saja yang di luar pemerintahan mendukung,” tukasnya. [Okezone]

Related posts