Kemenhub terus genjot persiapan angkutan mudik lebaran 2016

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. (Viva)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah melakukan pengecekan terhadap seluruh transportasi, baik darat, laut dan udara. Meski belum 100 persen rampung, Jonan terus mengebut persiapan jelang lebaran.

Pertama yang dijelaskan Jonan adalah mengumpulkan pengusaha bus dari provinsi se Jawa-Bali untuk mengecek kesiapan.

“Kami sudah mengumpulkan 130 pengusaha bus antarkota se Jawa-Bali. Kami sudah sepakat 5 item harus dipenuhi, utamanya aspek keselamatan penumpang,” ujar Jonan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/6).

“Konsentrasi lokasi, kami konsentrasi di 14 provinsi. Untuk terminal, baru separuh yang diperiksa. Terminal AKAP ini banyak yang harus dibenahi. Kami tunggu akhir tahun ini, kembali ke pusat tahun depan akan dibenahi. Kalau standarnya standar stasiun, kondisi terminal banyak yang tertinggal,” sambungnya.

Terkait dengan pengecekan moda transportasi laut, Jonan mengatakan, persiapan sudah menyentuh angka 80%. Hanya ada beberapa hal yang perlu dikejar oleh Dirjen Perhubungan Laut dan jajarannya.

“Untuk penyeberangan sama dilakukan. unuk lau sudah semua 1.273 kapal itu sudah dicek 1.065 sampai sabtu. 988 dinyatakan layak, lainnya docking (bersandar, sedang dalam perawatan) akan dilakukan Dirjen Hubla,” papar Jonan.

Kondisi kesiapan moda transportasi udara pun tak terlewat untuk dicek. Jonan menyatakan, pihaknya sudah mengecek hampir seluruh bandara yang diprediksi ramai saat musim mudik tiba.

“Moda udara udah diperiksa semua. termasuk kelayakan 28 dari 35 bandar udara yang jadi konsentrasi mudik,” ucapnya.

Sementara itu, untuk salah satu moda transportasi umum favorit masyarakat saat musim mudik tiba yaitu kereta api, Jonan mengaku masih harus mengerjakan beberapa pekerjaan rumah.

“Kereta 96% sudah diperiksa. 81% diesel, sarana stasiun baru selesai diperiksa 25% sampai minggu lalu. Minggu ini akan diselesaikan,” kata Jonan. [Detik]

Related posts