Kipas kapal Imigran Sri Lanka terlilit tali

Petugas dari Basarnas berusaha melepaskan tali yang terlilit di kipas kapal. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kipas kapal Imigran Tamil Sri Lanka terlilit tali sehingga kemudi kapal tersebut tak bisa dikendalikan. Tali melilit kipas kapal saat terseret ombak ke bibir pantai setelah dilepas ke laut lepas dari bibir pantai Pulau Kapuk, Lhoknga, Senin (20/6).

Petugas Basarnas berusaha melepaskan tali mendorong kapal dengan beko. Namun, akibat ombak besar dan angin kencang upaya tersebut gagal dilakukan. Karena setiap kali hendak merapat ke kipas, petugas dihantam ombak.

“Rencananya untuk melepaskan tali di baling baling itu, rencananya kita tarik kapal ke tengah laut, di sana akan kita lepas,” kata Danlanal Sabang, Letkol Kicky Salvachdie kepada wartawan di pantai pulau kapuk.

Kemudian, kapal ini akan didaratkan di dermaga PT.SAI terlebih dahulu dan sekarang masih menunggu cuaca baik. Setelah itu akan diberangkatkan kapal tersebut ke perairan internasional.

“Kondisi kapal sudah baik, kebocoran sudah diperbaiki dan mesin juga sudah baik,” sebutnya.

Setelah itu, kapal yang mengangkut 43 migran asal Sri Lanka ini akan dikawal hingga perairan internasional menggunakan KRI Teluk Sibolga. Hingga berita ini diturunkan, cuaca di lokasi belum bersahabat. [Randi]

Related posts