Jelang lebaran, Pasar Atjeh dipadati pembeli

Gedung Pasar Atjeh yang mulai dipadati pembeli, Selasa (21/6). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tingkat transaksi di Pasar Atjeh, Banda Aceh diperkirakan mulai meningkat secara signifikan dua pekan menjelang Lebaran. Proyeksi ini ditandai dengan makin ramainya pengunjung Pasar Atjeh.

Dari informasi yang dihimpun Kanalaceh.com, saat ini tingkat kunjungan atau kepadatan pengunjung Pasar Atjeh sudah meningkat sekitar 50 persen dibanding hari biasa.

Menurut salah seorang pedagang baju gamis, Suryani mengatakan, Pasar Atjeh mulai dipadati pelanggan atau pembeli yang sengaja berbelanja untuk keperluan Lebaran, juga kalangan pedagang yang memborong produk pakaian jadi untuk dijual lagi.

“Minggu ini mulai padat, orang banyak memilih untuk belanja sekarang, karena takut mendekati lebaran harga pada naik,” katanya saat ditemui di gerainya lantai dua Pasar Atjeh Banda Aceh, Selasa (21/6).

Ia menambahkan, orang berbelanja kain tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk sanak saudara. Pada momen ini, kata dia, produk yang banyak diburu adalah busana Muslim, sarung, kerudung dan baju koko.

Menurut dia, tren kepadatan pengunjung pasar ini akan terus terjadi dan memuncak ketika seminggu sebelum Lebaran. Bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari hari-hari biasa.

“Ini nanti terus ramai. Puncaknya adalah sepekan menjelang Lebaran. Terlebih saat tunjangan hari raya (THR) para pegawai dan karyawan mulai dibagikan,” ujarnya.

Di momen ini, omset pedagang di Pasar Atjeh dipastikan naik berlipat. “Bisa dua kali lipat. Seperti baju Muslim saja yang biasanya sehari hanya 15 potong hingga 20 potong, selama bulan puasa ini bisa mencapai 40 potong,” katanya.

Salah seorang pengunjung pasar, Nafisya mengaku mencari baju Muslimah model kaftan yang saat ini sedang tren. Dia juga berencana memborong busana kaftan yang harganya berkisar Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per potong, untuk kemudian dijual lagi.

Dari pantauan wartawan di lokasi, Pasar Atjeh mulai padat pengunjung, sehingga parkiran roda dua membludak sampai ke badan jalan. Sehingga kendaraan roda empat yang ingin melewati Pasar Atjeh terpaksa dialihkan. [Randi]

Related posts