Alquran sebagai pedoman umat manusia

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat peringatan Malam Nuzulul Quran tahun 1437 H di Masjid Raya Baiturrahman, Selasa (21/6) malam. (Humas Pemerintah Aceh)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Peringatan Malam Nuzulul Quran memiliki arti penting bagi umat Islam, karena di malam 17 Ramadhan inilah Alquran diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, dalam sambutan singkatnya pada acara peringatan Malam Nuzulul Quran tahun 1437 H di Masjid Raya Baiturrahman, Selasa (21/6) malam.

“Sebagai manifestasi rasa syukur kita atas segala nikmat dan karunia Allah, maka kaum Muslimin harus memaknai Peringatan Malam Nuzulul Quran atau malam turunnya Alquran ke muka bumi dengan menumbuhkan motivasi untuk mencintai Alquran, membacanya, mendalami isi kandungannya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Zaini.

Ads

Ia menambahkan, dalam banyak ayat, Allah telah menjanjikan, bahwa patuh dan tunduknya manusia pada Alquran akan menjadi perantara dan penyebab turunnya rahmat dan barakah dari Allah untuk kehidupan manusia.

“Oleh karena itu, pada momentum peringatan Nuzulul Quran malam ini, saya mengajak kita semua, untuk senantiasa melakukan muhasabah, koreksi diri, agar kita dapat terus meningkatkan kecintaan kita kepada Alquran yang kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Zaini. [Sammy/rel]