Paspampres latih prajurit Kodam IM pengamanan VVIP

Ilustrasi - Latihan pengamanan VVIP prajurit Kodam IM. (Ist/Pendam IM)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 1.104 Prajurit jajaran Kodam IM mengikuti latihan Pengamanan Very Important Person (VIP) dan Very Very Important Person (VVIP) selama tiga hari sejak 21 sampai dengan 23 Juni 2016 di Rindam Iskandar Muda Gampong Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Pelatihan Pam VIP dan VVIP diberikan oleh  Tim Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampers) yang diketuai Letkol AU S Hilal, sementara untuk pemberi materi langsung disampaikan oleh Mayor Cpm Okto.

Letkol AU S. Hilal  mengatakan tujuan diadakan latihan Pengamanan VIP dan VVIP untuk menambah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh prajurit Kodam Iskandar Muda.

“Sehingga nantinya prajurit Kodam IM sudah mampu menguasi prosedur penerimaan, prosedur keamanan dan pengamanan kepada pejabat  tinggi negara atau tamu luar negeri yang memerlukan tingkat pengamanan yang tinggi saat berkunjung ke Aceh,” ujarnya.

Latihan ini akan disimulasikan langsung dalam agenda pengamanan kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo yang dijadwalkan berangkat ke Aceh, Kamis (23/6) pagi. Rangkaian pengamanan dilaksanakan mulai dari penjemputan Jokowi di Lanud SIM, menuju ke Pendopo Gubernur Aceh hingga kembali ke Bandara Lanud SIM. [Sammy/rel]

Berikut agenda simulasi pengamanan Presiden RI di Aceh:

  1. Pengamanan kedatangan dan transit presiden beserta rombongan di Bandara Lanud SIM.
  2. Pengamanan sepanjang rute perjalanan presiden dan rombongan dari Bandara Lanud SIM menuju Hermes Hotel Banda Aceh (transit).
  3. Pengamanan terhadap aksi demo yang menghadang rombongan RI 1.
  4. Pengamana lokasi Hermes Hotel selama kegiatan transit presiden dan rombongan.
  5. Pengamanan sepanjang rute perjalanan presiden dan rombongan dari Hermes Hotel menuju Meuligo Pendopo Gubernur Aceh.
  6. Pengamanan RI 1 bertemu dengan gubernur dan Forkompimda Aceh.
  7. Pengamanan RI 1 dan rombongan melaksanakan salat zuhur berjamaah di Masjid Raya Baiturahman.
  8. Pengamanan terhadap masyarakat yang akan menyapa dan mengajak salaman RI 1 di Masjid Raya Baiturahman maupun saat blusukan.
  9. Pengamanan RI 1 beserta rombongan kembali menuju Bandara Lanud SIM meninggalkan Aceh.

Related posts