Dayah Darussalam Labuhan Haji Barat Terbakar

Dayah Darussalam Labuhan Haji Barat Terbakar
Foto kebakaran (credit: fb seuramoe mekkah)

ACEH SELATAN – Terjadi musibah kebakaran milik Pondok Pesantren Darussalam berlokasi di Gampong Blang Poroh, Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan pada Kamis Malam sekitat pukul 22.30 WIB.

“Diperkirakan ada 150 unit rangkan milik santri laki-laki yang terbakar,” ungkap Sekretaris Umum Pompres Darusalam Abi Hidayat M Wali.
Api menjalar cepat ke sejumlah balai yang terbuat dari kayu, beberapa unit mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi dan berusaha memadam api.

Hingga kini belum diketahui penyebab terbakarnya 150 unit rangkang berkontruksi kayu. ‘’Kami belum tahu persis penyebab terjadinya kebakaran karena saat kejadian semua sedang melakukan shalat tarawih berjamaah,’’ imbuh Abi Hidayat.

Ia menambahkan, rangkang yang terbakar tersebut merupakan milik santri laki-laki, semua santri sedang libur pulang kampung dan rangkang tersebut di pakek untuk kegiatan suluk.
“Alhamdulillah tidak ada korbanjiwa dalam musibah ini, namun kerugian materil kami tafsir mencapai puluhan juta rupiah,” ujarnya Abi Hidyat.
Dikatakan Abi Hidayat, sebagian titik api sudah berhasil dipadamkan.Namun hingga pukul 23.00 WIB upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh tim pemadam dari BPBD Aceh Selatan dibantu oleh tim pemadam dari Manggeng, Kabupaten Abdya.

Informasi ini dengan cepat menyebar melalui berbagai media termasuk sosial media dan tak luput juga di ketahui oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah.
Menanggapi peristiwa kebakaran Gubernur Aceh langsung memerintahkan Kepala Dinas Sosial Aceh untuk menyalurkan bantuan kepada korban.

Kepala Dinas Sosial Aceh Al Hudri, Kata dia, saat mendapat kabar musibah itu, gubernur langsung memerintahkan pihaknya untuk segera berangkat ke lokasi .

“Benar, kami telah diperintahkan bapak gubernur Aceh untuk segera menyalurkan bantuan kepada korban,”katanya.
Dia menyebutkan, pihaknya akan segera berangkat ke lokasi untuk menjenguk dan menyalurkan bantuan kepada korban.
(sumber: ajnn)

Related posts