Ini kesiapan Pelabuhan Merak sambut mudik Lebaran

Penambahan Loket Penumpang. Beberapa loket tambahan khusus sepeda motor sudah disiagakan di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (20/6). (Republika)

Merak (KANALACEH.COM) – Pelabuhan Merak terus berbenah untuk menyambut arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Dari mulai loket penjualan tiket, ketersediaan kapal dan keamanan penumpang jadi fokus utama.

General Manager ASDP Cabang Merak, Tommy Kaunang menjelaskan loket penumpang yang tersedia di Pelabuhan Merak sebanyak 51 loket. Jumlah tersebut terdiri dari 23 loket untuk penumpang tak berkendaraan, 16 loket untuk penumpang yang membawa sepeda motor dan 12 loket untuk kendaraan roda empat.

“Lalu ada tempat  penjualan tiket di rest area km 43 sebanyak 3 loket dan di rest area km 68 ada juga 3 loket,” katanya.

Mengenai kesiapan armada, Tommy mengatakan dari 62 armada yang tersedia, ada 59 kapal yang bisa beroperasi. Adapun setiap armada diperkirakan mampu menampung 70 hingga 200 kendaraan. Sedangkan untuk saat ini , masih ada tiga armada yang sedang dalam perbaikan.

“Untuk kapasitas penumpang kapal ferry  bisa menampung  500 sampai dengan 1000 orang. Nah, saya harap demi kenyamanan dan keamanan nanti jangan sampai penumpang memaksa untuk tetap naik, karena dapat menyebabkan kapal kelebihan muatan dan karam,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Pelabuhan Merak, Mario Oetomo mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya menyediakan delapan toilet portabel di beberapa titik strategis. Selain itu, satu ruang tunggu penumpang tengah direnovasi.

“Saat ini pengerjaannya sudah hampir selesai sekitar 99% dan segera siap digunakan. Disini kami sediakan fasilitas ruangan yang nyaman dan menjaga keberaihan toilet untuk kenyamanan penumpang yang bersiap naik ke kapal ferry,” jelasnya.

Di sisi lain Kapolres Cilegon, AKBP Raden Romdhon mengatakan ada 7 pos pengamanan yang disebar di area Pelabuhan Merak guna mengantisipasi ancaman keamanan baik di musim mudik maupun arus balik. Ketujuh pos itu diantaranya ada di samping pintu tol Gerem hingga ke pantai pasir putih.

“Kami siapkan untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan, penyerobotan jalur dan perkelahian,” ucapnya. [Republika]

Related posts