Hari ini hasil SBMPTN diumumkan, Unsyiah dipercaya jadi server mirror

lustrasi peserta yang mengerjakan soal saat mengikuti tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Unsyiah, Banda Aceh (Antara Foto)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau jalur masuk perguruan dengan tes tulis akan diumumkan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini, Selasa (28/6). Hasil tersebut mulai dapat diakses sejak pukul 14.00 WIB pada laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Seperti biasanya, server pengumuman SBMPTN pada hari ini akan diserbu oleh ratusan ribu peserta SBMPTN yang mengecek kelulusan mereka. Maka, panitia menyiapkan 12 server mirror yang juga dapat digunakan untuk mengakses informasi kelulusan peserta.

Salah satu server mirror tersebut berada di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dengan alamat https://sbmptn.unsyiah.ac.id.

Ads

“Ini merupakan tahun pertama bagi Unsyiah dipercaya menjadi server mirror SBMPTN bersama 11 perguruan tinggi ternama lainnya,” kata Kepala Humas SBMPTN Unsyiah, Ilham Maulana dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com.

Selain Unsyiah, server mirror yang dapat diakses untuk tujuan ini adalah http://sbmptn.ui.ac.id (Universitas Indonesia, Jakarta), http://sbmptn.itb.ac.id (ITB, Bandung), http://sbmptn.ipb.ac.id (IPB, Bogor), http://sbmptn.its.ac.id (ITS, Surabaya), http://sbmptn.ugm.ac.id (UGM, Jogjakarta), http://sbmptn.undip.ac.id (Undip, Semarang), http://sbmptn.unair.ac.id (Unair, Surabaya), http://sbmptn.unhas.ac.id (Unhas, Makasar), http://sbmptn.unand.ac.id (Unand, Padang), http://sbmptn.unsri.ac.id (Unsri, Palembang), dan http://sbmptn.untan.ac.id (Untan, Pontianak).

Ilham menyebutkan, 42.663 orang peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari seluruh Indonesia akan bertarung untuk menjadi mahasiswa Unsyiah tahun 2016.

“Sebanyak 14.720 orang di antaranya menempatkan Unsyiah sebagai pilihan pertamanya. Namun demikian, hanya 14.493 orang peserta yang mengikuti ujian tulis SBMPTN di panitia lokal Unsyiah Banda Aceh,” sebutnya.

Lanjutnya, Sebanyak 4.894 orang di antara peserta adalah pemilih kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), dan 3.826 orang adalah pemilih kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), sementara 5.773 orang sisanya adalah pemilih kelompok campuran. Sementara itu, di Sub-Panitia Lokal Meulaboh, jumlah peserta SBMPTN sebanyak 1.186 orang.

Sebelumnya, sebanyak 40% dari jumlah mahasiswa baru Unsyiah telah diterima melalui jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). [Aidil/rel]

Ads