Peleton Komunikasi Raider Khusus 111 adakan penataran radio

Tualang Cut (KANALACEH.COM) – Peleton Komunikasi Raider Khusus 111 Karma Bhakti mengadakan penataran alat komunikasi penggunaan radio selama tiga hari, Senin (27/6) hingga Rabu (29/6).

Penataran itu yang berlangsung di Mayonif Raider 111/Kharma Bhakti  Yonif 111/Raider, Jalan Medan – Banda Aceh, Desa Tualang Cut, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang diikuti personel perawakilan masing-masing kompi Raider Khusus 111 sebanyak empat orang.

Komandan Peleton Komunikasi, Letda Chb Salahudin selaku koordinator penataran mengatakan penataran penggunaan alat komunikasi radio ini bertujuan untuk mempermahir personil di masing-masing kompi disetiap peletonnya dalam menggunakan kalimat-kalimat yang santun, serta tata cara penggunaan sandi yang di dipakai.

“Sehingga setiap berita dan laporannya yang di sampaikan tidak bocor (tidak diketahui orang lain),” katanya dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com.

Secara umum prajurit sudah dapat dan bisa menggunakan alat komunikasi tersebut, akan tetapi pada penataran kali ini lebih di titik beratkan pada teknik perawatan, pencarian sinyal serta mengatasi permasalahan yang timbul di radio, ketika digunakan saat latihan dan operasi di tengah hutan belantara.

Selain itu, penataran tersebut juga untuk menunjang kegiatan latihan kedepan seperti UST tingkat Peleton sampai pada latihan pemantapan Raider pada Triwualan IV 2016 mendatang.

Salah satu tujuan diadakannya penataran ini ialah seringnya di temui dan saran-saran di lapangan di saat latihan terdapat dan terjadi permasalahan pada radio untuk komunikasi.

“Makanya kita tindak lanjuti hal demikian, kita adakan penataran tersebut, dengan harapan personil yang mengikuti penataran ini bisa menularkan ilmunya ke sesama rekanan di kompi masing-masing,” tandas Komandan Peleton Komunikasi Letda Chb Salahudin. [Aidil/rel]

Related posts