Unsyiah terima 25 persen maba dari jalur mandiri

Logo Unsyiah. (Ist)

Banda Aceh (KANAlACEH.COM) – Kini masih ada satu jalur terakhir untuk mengakses perguruan tinggi, yaitu jalur mandiri yang akan dilakukan setelah pengumuman SBMPTN pada hari ini, Selasa (28/6).

Khusus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), porsi penerimaan mahasiswa baru (maba) jalur mandiri adalah 25 persen. Sedangkan jalur SBMPTN yaitu 35 persen.

Kepala Humas SBMPTN Unsyiah, Ilham Maulana menjelaskan pendaftaran jalur terakhir, yaitu jalur mandiri yang sering disebut Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT), sebenarnya telah dimulai sejak 16 Mei lalu, dan akan berakhir tanggal 22 Juli mendatang.

“Hingga Senin (26/6) sore kemarin, jumlah pendaftar di jalur ini masih sangat minim, yaitu baru 107 orang. Tahun lalu, jumlah pendaftar UMB-PT akan membludak setelah pengumuman SBMPTN,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com.

Sebelumnya, sebanyak 40% dari jumlah mahasiswa baru Unsyiah telah diterima melalui jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sebanyak 42.663 orang peserta SBMPTN dari seluruh Indonesia akan bertarung untuk menjadi mahasiswa Unsyiah tahun 2016. Sebanyak 14.720 orang di antaranya menempatkan Unsyiah sebagai pilihan pertamanya. Namun demikian, hanya 14.493 orang peserta yang mengikuti ujian tulis SBMPTN di panitia lokal Unsyiah Banda Aceh.

Sebanyak 4.894 orang di antara peserta adalah pemilih kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), dan 3.826 orang adalah pemilih kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), sementara 5.773 orang sisanya adalah pemilih kelompok campuran. Sementara itu, di Sub-Panitia Lokal Meulaboh, jumlah peserta SBMPTN sebanyak 1.186 orang. [Aidil/rel]

Related posts